IES Ligagame

VKLiooon, Juara Dunia Hearthstone Wanita Lahir Dari Diskriminasi

Billy Rifki
17/01/2020 10:22 WIB
VKLiooon, Juara Dunia Hearthstone Wanita Lahir Dari Diskriminasi
bolasport.com

Kemajuan esports yang makin pesat ternyata tak berbanding dengan sikap manusia memandang perbedaan. Belum lama ini, kasus diskriminasi ternyata masih terjadi terhadap wanita. Sang korban adalah Xiamong Li alias VKLiooon.

Gadis berumur 23 tahun ini dari Xinjiang, Cina adalah juara dunia Hearthstone wanita pertama sekaligus juara BlizzCon Esports Tournament. Liooon mewakili Cina pada Hearthstone Global Finals November lalu  usai mengalahkan Bloodyface dari Amerika Serikat.

Namun jauh sebelum ia berhasil mengukir namanya sebagai pemain Hearthstone terbaik, ia sempat mendapat perlakuan tak menyenangkan bahkan sangat menyayat perasaannya.

Sekitar 2 tahun lalu, ia mengikuti turnamen Hearthstone pertamanya dengan mendaftar sebagai pemain cadangan. Ketika menunggu antrian, seorang peserta lelaki berkata kepadanya, "kalau kamu cewek, seharusnya kamu tidak mengantri di sini. Permainan ini bukan untukmu" ucapnya sambil menangis kala menggenggam piala Hearthstone.

Ucapan tersebutlah yang memotivasinya untuk tampil baik dan akhirnya membalas perbuatan diskriminatif dengan prestasi. Liooon melanjutkan dengan sebuah pesan. "Aku ingin mengatakan untuk semua wanita di luar sana yang punya mimpi bermain di kompetisi esports, untuk kejayaan, bila kau ingin melakukannya dan percaya pada dirimu sendiri, lupakanlah perbedaan gender dan lakukanlah."


Lioon juga mengalami konflik dengan sang ayah. Dilansir dari Telegraph, orangtuanya berpisah sejak Lioon berumur 9 tahun. Ayahnya mendorong Liooon agar berkerja menjadi pengacara. Namun, usai lulus kuliah Liooon memilih karir profesional gaming, mereka berdua berhenti berbicara satu sama lain.

VKLiooon membawa pulang $200.000 ( sekitar Rp 2,7 milyar) dari kemenangan turnamen tersebut dan tentunya kepercayaan diri bahwa dalam esports, tidak ada yang bisa membuktikan kuat atau lemah seseorang hanya dari gender semata.

Semoga kisah VKLiooon menginsipirasi banyak wanita lainnya yah.