Esports.ID

Blizzard Akhiri HGC, Fokus Hearthstone dan Overwatch?

Rendy Lim
17/12/2018 14:40 WIB
Blizzard Akhiri HGC, Fokus Hearthstone dan Overwatch?
Heroes of the Storm

Minggu lalu, Blizzard Entertainment mengumumkan bahwa Heroes of the Storm Global Championship (HGC) tidak akan ada lagi di tahun 2019. Hal ini juga menandakan bahwa Blizzard tidak memiliki keinginan untuk memberikan support kepada scene esports dari Heroes of the Storm ke depannya. 

Pada pengumuman yang disampaikan, Blizzard mengatakan bahwa keputusan ini diambil dengan berat hati, atas dasar pertimbangan matang dan perhitungan resiko yang akan terjadi kepada game-game lain miliknya, serta beberapa proyek yang masih tahap perencanaan oleh Blizzard

Blizzard pertama kali meluncurkan HGC pada tahun 2016 silam, dengan tim-tim yang berpartisipasi dalam turnamen menyebar mulai dari North America, Europe, China, dan South Korea. Hadiah yang ditawarkan juga sangat fantastis, plus 20 ribu USD gaji yang diberikan kepada setiap pemain aktifnya. Hingga pada tahun 2017, Blizzard menambahkan sistem revenue share (dalam liga HGC) berkerjasama dengan Twitch, berupa HGC cheer. 

Meskipun beragam usaha tersebut dilakukan oleh Blizzard, liga HGC tidak bisa mendapatkan stabilitas dan peningkatan yang bagus baik dalam segi viewers dan organisasi esports. Sejak awal tahun 2018, beberapa tim mulai meninggalkan HGC, meski organisasi besar seperti Dignitas, Fnatic, dan Team Liquid masih bertahan, namun terlalu banyak tim yang sudah membubarkan divisi HGC mereka pada tahun ini. 

Melepas HGC berarti pula liga esports Blizzard lainnya yakni Hearthstone dan Overwatch akan mendapatkan dukungan tambahan di tahun depan. Overwatch League kini diperluas dengan menambah delapan tim baru serta meningkatkan prize pool hingga 5 juta USD, sedangkan Hearthstone juga mendapatkan dukungan serupa, serta peningkatan prize pool sampai 4 juta USD

Bagaimana pendapat Sobat Esports, apakah ini langkah terbaik dari Blizzard