Esports.ID

Meski Telah Minta Maaf, LZ Khan Tetap Diganjar Hukuman oleh Riot Games

Rendy Lim
06/12/2017 10:36 WIB
Meski Telah Minta Maaf, LZ Khan Tetap Diganjar Hukuman oleh Riot Games
Google Images

Akibat tudingan perlakuan rasis yang dilakukannya, Kim 'Khan' Dong-ha, anggota tim Longzhu Gaming untuk League of Legends, menerima ganjaran hukuman dan denda dari Riot Games.

Pada tanggal 23 November silam, saat berhasil membunuh lawan bermain Solo-nya, nickname ‘Westdoor’ mati, Khan terciduk telah menuliskan kata-kata demikian via chat-nya, “4 Chinese can’t win”. Perkataannya tersebut langsung mendapat kecaman keras dari para fans di Korea yang menganggapnya sebagai hal berbau rasisme. Merasa bersalah, Khan pun dikabarkan langsung meminta maaf atas kata-kata kasarnya itu, lalu ia memotong rambut hingga plontos sebagai bukti penyesalan mendalam dirinya (beberapa kultur budaya mempercayai hal ini - red).

Video dan foto-foto Khan saat memotong rambut dan meminta maaf diupload via official SNS Longzhu Gaming, tertanggal 25 November 2017. Dalam videonya, Khan menyampaikan, “Aku ingin meminta maaf kepada semua orang yang tersinggung dengan pernyataan kasar saya sebelumnya. Mulai sekarang, saya akan melakukan yang terbaik untuk lebih menahan diri untuk tidak melukai perasaan orang lain”.

Namun, sepertinya permintaan maaf dari Khan tersebut dirasa belum cukup oleh Riot Games. Melalui situs resminya, Riot Games memutuskan adanya penalti atau hukuman atas tindakan rasis yang dilakukan oleh Khan.

Pihak KeSPA dan Riot Games Korea, yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan League of Legends di Korea memang telah menerapkan sejumlah aturan baku dan cukup tegas sehingga bentuk pelanggaran apapun sudah ranah mereka untuk menghukumnya. Apalagi hal-hal berkenaan rasisme, sehingga tindakan dari Khan juga telah ditelaah secara serius dan diambil kesimpulan bahwa komentar tersebut dengan sengaja dilontarkan oleh Khan, serta berimplikasi suatu tindakan rasisme terhadap lawan bicaranya.

Komite operasional LCK juga sepakat bahwa Khan telah melanggar peraturan nomor 9.2.4 dalam peraturan LCK. Komentar rasis tidak diperbolehkan untuk digunakan kapanpun dan hukuman yang diberikan kepada Kim ‘Khan’ Dong-ha adalah larangan bertanding 1 game dan denda sebesar US$920 (sekitar 12 juta rupiah). Berikut adalah detil lengkap hukuman yang diterima oleh Khan.

Bagaimana menurut pendapat fans eSports.id, apakah hukuman yang diterima oleh Khan sudah setimpal?