Esports.ID

Tiada Lagi Kesempatan Ketiga, CJ E&M Putus Kontrak dengan KeSPA

Rendy Lim
28/12/2017 15:24 WIB
Tiada Lagi Kesempatan Ketiga, CJ E&M Putus Kontrak dengan KeSPA
Google Images

CJ E&M akan menarik diri dari seluruh keterlibatannya dengan Korea eSports Association (KeSPA) setelah bekerjasama 13 tahun lamanya, akibat perselisihan terkait hak trademarks League of Legends Championship Korea (LCK). Hubungan antar kedua perusahaan ini sudah mulai goyah sejak 2 tahun lalu, dimana CJ E&M dikabarkan segera layangkan surat pembatalan kontrak kerjasamanya dengan KeSPA.

Sejak mengakuisisi sebagian besar dari kepemilikan OGN pada tahun 2010, CJ E&M tampak aktif dalam KeSPA serta industri eSports, khususnya di Korea Selatan. Pada tahun 2006, perusahaan ini menjadi title sponsor untuk tim ProSuma, yang kemudian mengganti namanya jadi CJ Entus. Sejak 2012, CJ Entus pun bertanding di League of Legends, namun roster mereka bubar bulan lalu, menandakan hubungan CJ E&M dengan KeSPA yang kian retak.

Perselisihan antara CJ E&M dengan Riot Games Korea (RGK) terus berlanjut sejak keduanya memperebutkan trademarks untuk LCK. Dua tahun lalu, tepatnya 4 Desember 2015, KeSPA menunjukkan keberpihakannya ke RGK melalui statement-nya via Facebook, “RGK memegang hak lisensi untuk LCK” serta “KeSPA mengakui kapabilitas produksi OGN dan kontribusinya dalam perkembangan LCK”. Melalui pernyaatan tersebut dapat dilihat bahwa KeSPA tidak mengakui bahwa CJ E&M sebagai pemilik hak trademark.

Argumen tersebut semakin memuncak pada November bulan ini, ketika RCK mengumumkan akan membangun studio LCK di Seoul yang akan mulai beroperasi pada September 2018 untuk pertandingan mereka sendiri. RCK mengungkapkan bahwa kerjasama dengan OGN dan SPOTV yang sudah menyiarkan LCK sejak 2006 tidak akan putus dan tetap berjalan, meski tampaknya OGN tidak senang dengan keputusan RCK tersebut.

Saat ini, LCK dikenal sebagai region terkuat dalam kompetisi League of Legends dan terbentuk pada tahun 2012 oleh OGN, perusahaan media yang mengerjakan desain dan logo untuk LCK. Dikenal dengan League of Legends Champions, hingga tahun 2014, kemudian gunakan nama OGN LCK adalah sebuah perintis dalam industri ini, Christopher ‘MonteCristo’ Mykles dan Erik ‘DoA’ Lonnquist yang sudah menjadi caster selama 10 Season membantu memperkenalkan LCK ke dunia luas. Namun pada tahun 2016 mereka mengumumkan akan mengundurkan diri karena tidak setuju dengan Riot Games. OGN merupakan perusahaan yang mengangkat pamor LCK, namun pada akhirnya mereka harus kalah dengan developer yang memegang IP.

Ini bukan pertama kalinya KeSPA berada di tengah perselisihan. Pada tahun 2007, KeSPA berpihak pada OGN ketika Blizzard merasa hak StarCraft II mereka dirusak. Blizzard menuntut OGN pada tahun 2010, dan setahun kemudian membuat kerjasama dengan KeSPA, dimana OGN dapat menayangkan pertandingan StarCraft bila membayar lisensi dari Blizzard, serta menampilkan logo mereka.

KeSPA yang dulunya menyesal dengan kondisi tersebut akan berusaha agar kejadian serupa tidak terulang lagi, namun dengan tindakannnya sekarang yang berpihak kepada Riot Games lalu meninggalkan  CJ E&M yang sudah menemaninya selama 13 tahun bisa berujung ke pengulangan kesalahan yang sama.