Esports.ID

LPL Tidak Transparan, Newbee Divisi LoL Gulung Tikar!

Rendy Lim
27/12/2017 10:12 WIB
LPL Tidak Transparan, Newbee Divisi LoL Gulung Tikar!
Google Images

Partisipasi tim Newbee dalam League of Legends berakhir sudah! Tim ini tidak akan lagi ambil bagian dalam LPL musim kompetisi tahun depan, sebagaimana dilansir via akun Twitter resminya.

Satu yang pasti, bukanlah alasan finansial karena ada perusahaan besar yang mem-backing tim Newbee untuk mampu membiayai keterlibatannya di franchise LPL yang kini bakal dihuni oleh total 14 tim. Penyebab detilnya masih belum diketahui, bahkan pihak Riot Games beserta organisasi peserta lainnya ikut-ikutan bungkam.

Berbeda dengan penjualan franchise di NA LCS, dimana sistem dan alur penjualannya lebih terbuka dan dapat diakses oleh publik. Sedangkan pada LPL, hal ini seakan dirahasiakan dan menimbulkan pertanyaan tidak hanya bagi komunitas LPL, namun keseluruhan fans LOL.

Namun, dibubarkannya Newbee divisi LoL, kemungkinan dilatarbelakangi oleh berbagai masalah yang terjadi dalam tim akhir-akhir ini. Bulan September hingga November, Newbee kehilangan cukup banyak staff, mulai dari coach Lee ‘Hiro’ Woo-suk, jungler Baek ‘Swift’ Da-hoon, dan mid-laner Shin ‘Coco’ Jin-yeong. Pada waktu yang hampir bersamaan, AD carry Li ‘Vasilii’ Wei-jun menerima hukuman banned 20 bulan akibat kelakuannya.

Kemudian pada bulan Desember, ADC Yu ‘Happy’ Rui dan bot laner Lin ‘Lwx’ Wei-Xiang dan Liu ‘Crist’ Qing-Song mengumumkan pengunduran diri dari tim dan membuat tim Newbee tidak memiliki personil sama sekali. Krisis prestasi juga dialami oleh tim ini yang sangat jarang terlihat dalam babak playoffs di turnamen.

Walaupun dicap gagal menerpa tim divisi League of Legends, Newbee masih bersinar dalam MOBA DOTA 2 dengan berhasil meraih kemenangan pada The International 2014, dan runner up di ajang TI 2017 hingga menjadikannya tim DOTA 2 tersukses di Cina.