Tebak Juara ESL One Katowice 2018

'Shy' Ucapkan Perpisahan, Veteran Top Laner LoL Pensiun dari LCK

Rendy Lim
07/12/2017 10:20 WIB
'Shy' Ucapkan Perpisahan, Veteran Top Laner LoL Pensiun dari LCK
Google Images

Dua hari lalu, melalui akun Facebook-nya ROX Tigers mengumumkan mundurnya salah satu anggota tim mereka. Park 'Shy’ Sang-myeon mengumumkan bahwa dirinya akan mundur dari laga profesional yang membawa namanya besar ini, League of Legends Championship Korea.

Shy memulai karirnya sebagai gamer pro di League of Legends sejak 2012, saat Korea pertama kali mendapatkan server sendiri untuk LOL. Nama ‘Shy’ dipilihnya karena sifat dirinya yang pemalu. ‘Shy’ telah meninggalkan jejak di sejarah LOL sebagai seorang best top-laner di Korea. Sekarang, sang legenda ini ingin berhenti dari professional scene League of Legends.

ROX Gaming dan ‘Shy’ telah mendiskusikan isu ini sejak lama dan mengerti kekecewaan fans dengan hilangnya ‘Shy’ di tim. ROX Tigers akan mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan bersama dengan seluruh manajemen tim, para coach, berikut pemain-pemainnya, sebagaimana permintaan terakhir dari Shy.

Shy memulai karir profesional LOL-nya di tim Azubu Frost pada season 2 dan berhasil memenangkan Azubu the Championships Summer 2012 dan 2012 MLG Fall Championship. Kemudian pada tahun 2013, Shy berhasil mendapatkan peringkat 2 top lane skill competition di All Star Shanghai 2013, serta meraih juara 1 sebagai perwakilan Korea Champions di kompetisi yang sama. Memasuki tahun 2015, Shy mulai menampakkan penurunan prestasi dan timnya menderita kekalahan demi kekalahan.

Dalam pre-season KeSPA Cup untuk masuk ke Season 2016, tim yang dibelanya saat itu, CJ kalah 3-0 di babak final melawan Ever. Saat 2016 LCK Spring Season, Shy mendapat kritik dari komunitas LOL Korea karena performanya yang terus menurun, hingga dirinya pun menjadi kian tak percaya diri. Shy tidak bermain di LCK Spring setelah berdisuksi dengan coach yang memintanya untuk beristirahat.

CJ Entus juga menampilkan performa buruk dalam LCK Summer Season 2016 dengan total skor 3-15 dan berada pada posisi 10 di LCK Season. CJ Entus kemudian berpartisipasi di 2017 LCK Spring Promotion, namun pada babak pertama dikalahkan oleh Kongdoo Master dan terlempar ke lower bracket. Kemudian berhasil mengalahkan SBENU Korea sebelum akhirnya tunduk di tangan tim ESC Ever. Akibatnya, CJ Entus terdegradasi dari LCK dan membuat untuk pertama kalinya tim original KeSPA terdegradasi dari LCK.

Prestasi yang pernah diraihnya tetap akan membuat dirinya selalu dikenang baik oleh para pemain League of Legends di LCK. Tetap beri dukungan dan semangat kalian untuk keputusan Shy memulai perjalanan barunya di tempat lain.