Esports.ID

Dua Musim Nyusruk, Echo Fox Bangkit dan Puncaki NA LCS

Rendy Lim
01/02/2018 13:56 WIB
Dua Musim Nyusruk, Echo Fox Bangkit dan Puncaki NA LCS
Echo Fox - NA LCS 2018

Selama dua musim terakhir, performa Echo Fox di NA LCS (North America League of Legends Championship Series) memang tidak sesuai ekspektasi, atau kerap underrated. Misalnya di Summer Split tahun lalu, mereka gagal tembus babak playoff setelah dilibas Cloud9. Meski demikian, Echo Fox tetap berhasil mendapatkan spot di NA LCS musim teranyarnya dan mulai tampilkan performa membaik bahkan tidak lagi menjadi lawan yang bisa diremehkan.

Echo Fox sendiri memicu kontroversi ketika berhasil 'lolos' seleksi Riot Games sebagai salah satu dari10 tim peserta NA LCS tahun ini, mengingat prestasi mereka sangat minim jika dibandingkan dengan tim seperti Immortals yang sudah cukup mapan namun malah tidak berhasil masuk. Salah satu faktor pendukung kuat dari Echo Fox, tentu saja dukungan finansial Echo Fox yang menjanjikan untuk masa depan tim ini.

Tahun ini, memasuki NA LCS Spring Split, Echo Fox mencoba memulainya dengan segala sesuatu yang baru. Mulai dari roster hingga coach, serta memasukkan mantan pemain top laner dari SK Telecom T1, Heo ‘Huni’ Seung-hoon. Walaupun miliki komposisi roster dan coach baru, tim ini tetap masih dipandang rendah oleh para analis yang meragukan tim ini dapat melakukan sesuatu besar.

Hebatnya, menepis semua kritik buruk tersebut, Echo Fox membuktikan kepada penikmat NA LCS bahwa mereka adalah tim yang pantas berada di posisi atas untuk saat ini. Echo Fox  mengusung mindset yang sangat berbeda dengan kiprah mereka selama dua tahun terakhir. Mampu bermain dengan tenang walaupun berada pada kondisi kalah, sambil berusaha mencari kesempatan untuk kembali bangkit. Mereka mampu mengenali kelemahan mereka dan memperbaikinya.

Perubahan ini membuahkan hasil yang memuaskan, di mana Echo Fox mampu berada pada posisi paling atas dengan skor 4W-0L. Ini adalah bukti jika Echo Fox sudah belajar bermain sebagai sebuah tim, berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Nasib ini cukup berbeda dengan pendatang baru, Golden Guardians, yang menghuni posisi terbawah di klasemen sementara dan belum meraih kemenangan sama sekali.

Selanjutnya, Echo Fox akan melawan Counter Logic Gaming pada hari Minggu (4/2), dan OpTic Gaming hari Senin (5/2). Tampaknya, Echo Fox juga akan mendapatkan kemenangan dalam dua match tersebut, mengingat kedua tim tersebut tidak menunjukkan performa mereka dan hanya memperoleh satu kemenangan dari empat pertandingan. Kesempatan bagi Echo Fox untuk menunjukkan perubahan baru mereka dan menjadi tim jawara di NA LCS.