GudangVoucher - Esports.ID

LOL Worlds 2018 Menuju 'Kiblat' eSports

Rendy Lim
28/02/2018 10:57 WIB
LOL Worlds 2018 Menuju 'Kiblat' eSports
Riot Games: LoL Global eSports 2018

Bagi fans League of Legends seluruh dunia, bahkan para penikmat eSports global, negara Korea Selatan bisa diibaratkan sebagai 'kiblat' atau pusaran pemain pro yang kerap menjadi panutan sehingga kiprah mereka selalu dinantikan. Bukti prestasi puncaknya ditunjukkan pada tahun lalu ketika berhasil menyabet supremasi di lima ajang kejuaraan dunia untuk cabang eSports (LOL, Overwatch, StarCraft, Heroes of the Storm, Hearthstone).

Maka wajar pula bila kemudian Riot Games memutuskan untuk menggelar puncak kompetisi tahun ini, LOL World Championship 2018, di Korea Selatan, yang menjadi markas dari sejumlah tim besar dan langganan juara selama 5 tahun terakhir penyelenggaraannya (dari keseluruhan 7 kali ajang Worlds).

Hal ini terpapar dalam pengumuman resmi Riot Games terkait jadwal pelaksanaan sejumlah event berskala internasional yang bakal mereka usung sepanjang tahun nantinya. Mulai dari Mid-Season Invitational yang untuk pertama kali berlangsung di dua kota, yakni Jerman dan Perancis. Dilanjutkan pertandingan antar region, Rift Rivals, yang akan berlangsung di beberapa region. Terakhir, All Star Event yang berlangsung di Amerika Utara pada akhir tahun untuk menjadi event penutup musim.

MSI – Mid Season Invitational 2018 

Mid-Season Invitational akan menjadi event global pertama di tahun 2018. Eropa akan menjadi tuan rumah untuk MSI 2018, dengan pengalaman pada region All-Star 2014, World Championsip 2015, dan All-Star Event 2016. Ini akan menjadi tahun pertama bagi Eropa untuk menggelar MSI. Babak Play-Ins dan Group berlangsung di EU LCS Studio dari tanggal 3-15 Mei, sedangkan babak knockouts di Zenith Paris – La Villette, 18-20 Mei.

Rift Rivals 2018

Tahun ini, Rift Rivals akan diadakan selama seminggu, tanggal 2 hingga 8 Juli, dan bertempat pada 5 region yang dibagi sebagai berikut:

  • North America vs Europe (Hosted in AS)
  • China vs Korea vs LMS (Hosted in Cina)
  • Brazil vs Latam North vs Latam South (Hosted in Brazil)
  • Oceania vs Southeast Asia vs Japan (Hosted in Australia)
  • Vietnam vs Russia vs Turkey (Hosted in Vietnam)

World Championships 2018

Sebagai puncak kompetisi dari League of Legends, World Championships merupakan turnamen untuk tentukan siapa tim terbaik dalam LOL dalam musim kompetisi tahun ini. Total 24 tim dari seluruh dunia akan bertarung di Korea Selatan untuk memperebutkan Summoner’s Cup.

All-Star Event 2018

Pertama kali diadakan pada tahun 2016 di Barcelona, kemudian mengambil tempat di Los Angeles tahun lalu, All-Star Event kembali berlangsung di akhir tahun ini dan masih tetap di kawasan Amerika Utara. Sebagai event penutup tahun, All-Star Event akan memberikan kesempatan bagi para fans membentuk tim impian mereka dan melihat tim tersebut bertanding secara kompetitif.

Sobat eSports, sudah siapkah kamu dengan event-event global dari League of Legends tahun ini? Melihat Spring Split yang sedang berlangsung saat ini, kira-kira tim manakah dari setiap region yang akan melaju ke event global? Apakah tim favorit kamu termasuk salah satunya?