GudangVoucher - Esports.ID

Menghitung Peluang SKT Lolos Playoff LCK Spring Split 2018

Rendy Lim
13/03/2018 14:17 WIB
Menghitung Peluang SKT Lolos Playoff LCK Spring Split 2018
LCK Spring Split 2018

-Could this be the end of SKT Dynasty?-

Tinggal tersisa 2 minggu lagi sebelum babak regular season LCK Spring Split 2018 resmi berakhir. Bagi tim seperti KZ DragonX, Afreeca Freecs, dan kt Rolster, babak playoff berada dalam genggaman mereka, namun untuk 5 tim lainnya yang masih memperebutkan slot, persaingan menjadi sangat berat!

Rox Tigers, Jin Air Greenwings, MVP, bahkan dua tim yang bertanding di final World Championship tahun lalu, SK Telecom T1 dan KSV harus dihantui perebutan dua slot tersisa. Turunnya performa dari kedua tim berdampak tipisnya peluang mereka meraih trofi Summoner’s Rift. Apakah ini menjadi akhir kisah dinasti kemenangan dan saatnya bagi tim-tim lapis kedua untuk bangkit menggantikannya?

Setelah kalah dari Afreeca Freecs, King-Zone Dragon X, dan kt Rolster di regular season, komunitas LOL mulai mempertanyakan titel tim terbaik yang dipegang oleh SKT selama ini. Meskipun sempat berhasil meningkatkan performa dengan masuknya pemain baru, SKT kembali menunjukkan penurunan. Jadi, bagaimana peluang tim ini untuk lolos ke babak playoff dari LCK Spring Split 2018?

Saat ini, SKT berada di posisi 7 dan satu-satunya kesempatan untuk lolos ke babak playoff adalah berada di posisi 5 besar pada akhir season regular nanti.

Menghitung peluang lolosnya SK Telecom T1:

SKT memiliki empat pertandingan sisa dalam regular season melawan bbq Olivers, KSV, MVP, dan Kongdoo Monster. Jika SKT bisa memenangkan semua pertandingan dan mendapatkan skor 8-0 dari sisa pertandingan, maka hasil akhir skor mereka jadi 10 kemenangan dan 8 kalah (+4 points). Apabila skor dari tim lainnya relatif sama, maka SKT akan berada di posisi 4 pada akhir babak regular season.

Tim lainnya yang memiliki peluang untuk mendapatkan poin kemenangan lebih besar dari SKT adalah KSV, ROX Tigers, dan Jin Air Green Wings. Ketiga tim ini akan bertanding memperebutkan 2 slot sisa di playoff bersama dengan SKT.

Bagi KSV, mereka hanya butuh 2 kemenangan dari total 4 game sisa untuk bisa mendapatkan skor lebih tinggi dari SKT serta mengamankan 1 slot untuk babak playoffs. Empat match selanjutnya KSV adalah melawan Jin Air, SKT, ROX dan KZ. Tampaknya KSV lebih memiliki kesempatan untuk menang dalam 2 match selanjutnya dibandingkan dengan SKT yang harus menang dalam 4 game mereka.

Adapun bagi ROX Tigers, mereka butuh 3 kali menang dari 4 game sisa untuk mendapatkan +6 points dan menyingkirkan kesempatan SKT untuk lolos ke playoffs. Namun, lawan yang akan dihadapi SKT pada 4 match terakhir tidak dipungkiri lebih mudah jika dibandingkan ROX Tigers yang wajib menundukkan salah satu antara King-Zone Dragon X ataupun KSV.

Sedangkan kontestan terakhir adalah Jin Air Green Wings, yang mendapatkan nasib sama dengan ROX Tigers yakni harus melawan tim papan atas seperti King-Zone, Afreeca, dan KSV. Dan, menghitung peluang tim ini untuk lolos, sepertinya kans mereka tidak lebih besar dari SKT.

Jadi, apakah SKT punya kesempatan?

Walaupun KSV tidak dipungkiri mengalami penurunan performa dibandingkan dengan tahun lalu dengan kemampuan SKT saat ini, KSV masih menjadi lawan yang cukup berat bagi mereka. Sedangkan melawan bbq Olivers, kemenangan SKT tergantung dengan performa support player bbq Olivers IgNar. Jika IgNar dapat tampilkan performa terbaik, maka SKT tetap akan menemukan ganjalan sulit. Sedangkan melawan MVP dan Kongdoo, SKT tidak perlu terlalu khawatir.

Faktor terakhir yang harus diperhatikan agar SKT dapat mendapatkan performa maksimalnya adalah kondisi fisik dan mental pemain saat hari pertandingan serta bagaimana arah permainan yang diarahkan coach Kkoma.

Walaupun SKT selalu dikenal sebagai tim yang dapat membalikkan keadaan ketika mereka terdesak, namun mereka gagal melakukannya pada Worlds Championship tahun lalu. Bagaimana menurut sobat eSports? Apakah SKT masih punya kesempatan untuk lolos playoff Spring Split 2018?