Esports.ID

Riot x Mastercard Rajut Kerjasama eSports Terbesar

Rendy Lim
19/09/2018 10:29 WIB
Riot x Mastercard Rajut Kerjasama eSports Terbesar
Riot Games x Mastercard

Persiapan besar-besaran Riot Games untuk menyambut League of Legends World Championship 2018 tampak sangat serius. Mulai dari LoL PARK yang sudah mulai dipamerkan ke publik beberapa hari lalu, ternyata kejutan dari Riot tak hanya berhenti di sana. 

Upaya menggaet rekanan bisnis yang mentereng, Riot disinyalir tengah merajut kerjasama eSports terbesar di dunia. Berdasarkan laporan dari The Esports Observer, Riot Games ingin menggandeng Mastercard sebagai major sponsor untuk turnamen tahunannya, World Championship, yang tahun ini akan berlangsung tanggal 1 Oktober hingga 3 November 2018.

Kerjasama ini tentu akan memberikan dampak positif, tidak hanya untuk Riot Games dan League of Legends, namun juga bagi dunia eSports. Perusahaan lain yang mungkin ingin melakukan investasi di dunia eSports akan melihat brand sekelas Mastercard telah melakukannya, sehingga pasti membuat mereka kian yakin untuk mengambil langkah tersebut. 

Kerjasama ini memberikan eksposur bagi produk Mastercard, sebagai salah satu brand credit card saat Visa sudah terlebih dahulu bekerjasama dengan Olympics dan FIFA World Cup. Kemudian, LoL akan memberikan akses Mastercard kepada fans usia muda yang mungkin memiliki keinginan untuk membangun startup atau hal yang berhubungan dengan bisnis keuangan. 

Dari sisi Riot, ini akan membantu mereka menangani komplain dari para pemilik tim di NA LCS yang menganggap Riot terlalu lamban dalam melakukan monetisasi League of Legends, yang mungkin dipengaruhi juga dari hasil kesuksesan Activision Blizzard dalam penghasilan pasca penyelenggaraan Overwatch League

Ketika membahas sponsorship yang dilakukan oleh Mastercard, mereka lebih dikenal untuk mensponsori olahraga-olahraga tradisional seperti MLB, Champions League, dan PGA Tour. Namun, pertama kali brand ini melakukan sponsor di dunia eSports adalah pada tahun 2013, saat bersama dengan Alienware mensponsori liga terbesar DOTA 2, The International

Bagaimana menurut pendapat sobat eSports?