Esports.ID

Uzi Beberkan Kondisi Kesehatan, Ancam Karir Profesionalnya

Rendy Lim
10/09/2019 14:47 WIB
Uzi Beberkan Kondisi Kesehatan, Ancam Karir Profesionalnya
Analisa Dokter, Tangan Kanan Uzi Setara Orang Usia 40 - 50 tahun

Meskipun olahraga esports tak menuntut atletnya untuk bergerak aktif, namun postur tubuh dan pergerakan tangan merupakan faktor yang harus diperhatikan oleh para atlet esports yang sudah lama berkomitmen dalam dunia kompetisi.

Mereka yang alami masalah pergelangan tangan ataupun bahu terpaksa harus pensiun. Dan, salah satunya adalah mantan pemain Cloud9Hai ‘Hai’ Du Lam. Selain Hai, ada lagi player yang sedang berjuang dengan masalah kesehatannya. Jian ‘Uzi’ Zi-Hao, pemain LOL favorit asal Cina ini telah berpartisipasi dalam lima world championship, torehan satu trofi MSI, dan dua kemenangan di League of Legends Pro League (LPL)

Beberapa waktu lalu, kita memang mendengar kabar Uzi yang sedang melakukan rehat untuk kesehatannya. Pemain di tim RNG ini memiliki masalah di pergelangan tangan dan bahunya yang membuat dirinya harus absen di beberapa pertandingan penting.

Pada video promosi Nike yang tayang tanggal 8 September 2019 kemarin, Uzi menjelaskan apa yang terjadi dengan tangan kanannya sehingga dirinya berulang kali merenungkan untuk pensiun dari karir profesional League of Legends.

Uzi menyebutkan bahwa daerah terburuk ada di bahu sebelah kanannya yang seolah membuat seluruh pergelangan tangannya tidak berfungsi dengan baik. Dia merasa tangan kanannya 'menua' setelah bermain bertahun-tahun, bahkan dokter yang memeriksa Uzi memberi diagnosa bahwa umur tangannya seperti orang berusia 40 hingga 50 tahun, dua kali lipat usianya saat ini.

Tidak hanya itu, Uzi juga mengalami masalah pada bagian bawah tubuhnya. Akibat terlalu lama duduk sepanjang masa karirnya yakni sekitar 7 tahun, Uzi merasa kakinya seperti tidak memiliki tenaga.

Pada awal tahun 2019, Uzi pernah mengambil waktu istirahat sebulan penuh untuk persiapan mengikuti musim baru. Tahun lalu, sekitar bulan Juli 2018, Uzi memang sempat melakukan istirahat setelah perhelatan Asian Games Jakarta.

Namun, meski memiliki masalah yang cukup serius tentang kesehatannya, Uzi tetap akan berpartisipasi dalam LOL worlds tahun ini bersama dengan Royal Never Give Up. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah Uzi tetap bisa memberikan permainan terbaiknya di worlds dengan kondisi kesehatannya saat ini?