Esports.ID

Kian Diminati, TFT Matangkan Esports di Tahun 2020!

Rendy Lim
26/09/2019 16:42 WIB
Kian Diminati, TFT Matangkan Esports di Tahun 2020!
TFT Menjulang dengan 33 Juta Pemain Aktif Setiap Bulannya!

Tahun 2019 menjadi titik puncak berkembangnya gim dengan mode autobattler. Dipelopori oleh Dota Auto Chess, genre ini langsung diadaptasi oleh beberapa developer yang kemudian dikembangkan sesuai gim mereka masing-masing. 

Salah satunya adalah Riot Games, developer League of Legends yang merilis versi autobattler sendiri dengan nama TeamFight Tactics, di bulan Juni 2019. Perjalanan TFT sebagai salah satu mode tambahan di League of Legends langsung mendapat respon positif, makanya tidak heran pula Riot langsung mematangkan konsep esports untuk TFT, mulai tahun 2020 nanti. 

Dilansir dari blog Nexus League of Legends, Richard Henkel selaku product lead dari TFT mengatakan bahwa permintaan akan konsep kompetitif sangatlah besar. Terbukti dari perbandingan pemain di ranked dan normal games yang mencapai 4:1, serta seringnya gim ini dimainkan pada region-region kompetitif seperti Korea.

Keberadaan konsep esports ini, menurut Richard, untuk memfasilitasi pemain yang telah mendedikasikan diri menjadi yang terbaik di dunia. Guna mendukungnya, Richard juga memperlihatkan grafik yang menunjukkan seberapa sering mode TFT dimainkan ketimbang mode lainnya di League of Legends

Berdasarkan grafik tersebut, TFT memang tidak mencapai angka seperti All Random Ultra Rapid Fire mode (ARURF). Namun TFT memperlihatkan peningkatan serta konsistensi pada beberapa minggu awal, berbeda dangen ARURF yang mengalami penurunan drastis sejak dirilis. 

Teamfight Tactis juga mencatat angka yang tinggi untuk play time, yakni mencapai 1.7 miliar jam sejak rilis, dan 720 juta jam bermain selama tiga bulan terakhir. Sebanyak 33 juta pemain telah bermain setiap bulannya dan berkat mode ini, League of Legends berhasil mengalami peningkatan sebesar 30% untuk puncak concurrent players. 

Muncul banyak pertanyaan tentang bagaimana sistem dan peraturan yang akan diterapkan oleh Riot untuk kompetisi TFT ini. Apakah hanya akan mencakup organisasi LOL yang ada sekarang untuk berpartisipasi di season 2020? Mungkinkah dibentuk dalam sistem liga juga? Bolehkah pro player LOL saat ini ikut dalam kompetisi TFT?

Sementara kita menunggu kabar resmi terbaru tentang kompetisi TFT tahun depan, event Teamfight Tactics paling dekat yang akan diadakan Riot adalah pada All-Star Event di bulan  Desember. Sebanyak 64 peserta akan berpartisipasi dalam turnamen ini, dan kemungkinan Riot juga akan memberikan informasi baru tentang perkembangan TFT dalam kesempatan tersebut. 

Bagaimana Sobat Esports, apakah kamu adalah salah satu pemain setia Teamfight Tactics?