Esports.ID

Satukan LMS & LST, Indonesia Ikutan Liga Baru oleh Riot!

Rendy Lim
26/09/2019 14:09 WIB
Satukan LMS & LST, Indonesia Ikutan Liga Baru oleh Riot!
Kans Baru Tim Indonesia Berlaga Internasional, Worlds?

Riot Games akhirnya mengumumkan rencana mereka untuk menggabungkan League of Legends Masters Series (LMS) dan League of Legends SEA Tour (LST), serta membentuk liga baru pada tahun 2020.

Liga baru ini seakan menjawab rumor-rumor santer di awal tahun yang menandakan berakhirnya LMS setelah 5 tahun berlangsung, sejak tahun 2014.

Liga baru LMS & LST satukan negara SEA, termasuk Indonesia

Rencananya, liga ini akan berisi total 10 tim yang terdiri dari region LMS, serta lainnya berasal dari LST. Tim yang datang dari LST sendiri merupakan perwakilan negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Perwakilan dari Riot Games mengatakan bahwa mereka dan Garena dalam beberapa bulan terakhir ini telah melakukan evaluasi terhadap scene kompetitif League of Legends di region SEA dan LMS. Tujuan dibentuknya liga baru ini adalah untuk meningkatkan level kompetisi dan menciptakan pengalaman baru bagi para fans LOL di kedua region tersebut.

Saat ini, League of Legends Master Series mengalami penurunan dalam kualitas pemain yang dimilikinya sejak kepergian beberapa pemain bintang seperti Huang “Maple” Yi-Tang, Hu “SwordArT” Shuo-Chieh, dan Hung “Karsa” Hao-Hsuan.

Saat mengikuti kompetisi internasional, tim dari region LMS tampak kurang dapat bersaing, meskipun tim yang sama berhasil mendominasi dalam turnamen regional. Permasalahannya diduga terjadi adalah akibat kurangnya pemain bertalenta di region tersebut ketimbang region lainnya. Tidak heran jika keputusan Riot dan Garena untuk menggabungkan kedua region ini sebagai upaya mengatasinya. 

Saatnya scene LOL Indonesia kembali bangkit?

Riot Games akan memberikan informasi lebih lengkap tentang liga  baru ini, termasuk tim-tim yang dapat berpartisipasi, format dan jadwal pertandingan pada pre-season 2020. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah ini saatnya scene professional League of Legends di Indonesia untuk kembali berkembang?