GoPay Campaign

Pemain LOL Ditendang dari Tim karena Ketahuan Atur Skor LPL 2020!

Eric Soejatno
26/03/2020 12:52 WIB
Pemain LOL Ditendang dari Tim karena Ketahuan Atur Skor LPL 2020!
Kasus Match Fixing Terjadi di Salah Satu Tim di LPL (liga LOL di Tiongkok)

Meski sudah banyak kasus match fixing yang terjadi di dunia esports, masih ada pemain yang nekat dan berujung fatal akan karirnya. Baru-baru ini terjadi di salah satu tim yang berada di League of Legends Pro League (LPL), liga LOL di Tiongkok yaitu Rogue Warriors. Mereka resmi mengeluarkan Wang “WeiYan” Xiang yang berposisi sebagai jungler di tim.

Melalui postingan Weibo, LPL tidak memberi tahu pertandingan mana yang WeiYan telah atur sebelumnya. Meski begitu, mereka memberikan screenshot di Weibo mengenai pertandingan yang WeiYan akan lakukan untuk match fixing. Pertandingan tersebut terjadi ketika Rogue Warriors melawan Victory 5 (RW menang dengan skor 2-0 saat pertandingan diadakan di hari Minggu (23/3) dan Dominus Esports (yang berlangsung tanggal 26 Maret).

Panggung LPL Sumber: IGN SEA

Keputusan ini membuat Rogue Warriors tidak lagi memiliki jungler cadangan. Posisi tersebut saat ini dihuni oleh Chen “Haro” Wen Lin yang menjadi satu-satunya jungler di tim. WeiYan sendiri merupakan pemain yang baru saja dipromosikan dari tim akademi RW di League of Legends Development League (LDL), Rogue Warriors Shark.

Ini bukan kali pertama Rogue Warriros terlibat di kasus match fixing. Sebelumnya, Rogue Warriors Shark harus mengorbankan slot LDL Spring playoff setelah 3 pemainnya melakukan match fixing. Akibatnya, ketiga pemain tersebut mendapatkan hukuman larangan bermain selama 18 bulan.

Rogue Warriors sendiri merupakan tim papan bawah di LPL. Mereka sebelumnya berakhir di posisi bawah di LPL 2019 (posisi 15 saat LPL Spring dan 13 saat LPL Summer). Saat ini, mereka berada di peringkat 12 dengan hanya meraih 3 kemenangan dari 8 pertandingan yang berjalan di LPL Spring Split 2020.