PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Event Olahraga Internasional 2020 Di China Batal, LOL Worlds Terancam?

Rendy Lim
10/07/2020 14:14 WIB
Event Olahraga Internasional 2020 Di China Batal, LOL Worlds Terancam?
Yah, League of Legends World Championship jadi ikut terancam batal deh

Baru-baru ini, China telah membuat keputusan untuk membatalkan semua event olahraga internasional di tahun 2020, kecuali percobaan 2022 Winter Olympic Games. Berdasarkan laporan dari USA Today, hal ini diakibatkan oleh pandemi COVID-19 yang tampaknya belum reda dibeberapa negara besar lain. Akibatnya, nasib dari League of Legends World Championship 2020 ikut terancam karena gelaran akbar ini direncanakan akan berlangsung di negara tersebut pada akhir tahun. 

Meskipun China telah berhasil mengatasi penyebaran dibatasan wilayahnya, kasus impor akan menjadi fokus baru pemerintah mereka. Sebagai contoh, di Amerika saat ini terdapat 3 juta pasien positif Corona dan menjadikannya negara dengan kasus tertinggi. 

Gelaran turnamen internasional LOL Worlds Championship seharusnya menghadirkan tim-tim dari seluruh dunia untuk bertanding di satu tempat. Sayangnya, pembatalan event olahraga di China bisa saja membuat LOL Worlds ditunda hingga tahun depan seperti The International DOTA 2, ataupun dipindahkan ke lokasi lain hingga melakukan transisi menjadi online. 

Sepanjang tahun 2019, kalender event League of Legends sudah terkena dampak besar akibat pandemi ini. MSI 2020 telah dibatalkan untuk tahun ini dan beberapa liga franchise terpaksa untuk ditandingkan secara online di rumah atau gamehouse masing-masing tim. 

LOL Worlds Championship seharusnya menjadi akumulasi dari kerja keras Riot Games dan tim-tim League of Legends yang bertanding di seluruh kompetisi. Namun, jika Riot tidak bisa menemukan cara untuk tetap menyelenggarakan turnamen ini dengan standar setiap tahunnya, kemungkinan besar mereka akan mengalihkannya ke format online. 

Bubble System: Alternatif Agar LOL Worlds Tetap Lancar

Laporan dari ESPN menyebutkan bahwa Riot Games saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggunakan format "single-city, bubble hub" untuk LOL Worlds Championship tahun ini. Sistem ini akan menjadi alternatif agar turnamen ini tidak batal. Cara penerapannya adalah 24 qualified team akan tiba di Shanghai seminggu sebelum kompetisi untuk dikarantina bersama. Kontak dengan orang luar akan dibatasi dan semua pemain akan bertanding di satu tempat sama selama event. 

LOL Worlds Championship 2020 awalnya direncanakan untuk berlangsung di enam kota di China pada musim gugur ini, serta akan menjadi anniversary ke-10 untuk international event League of Legends.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kamu lebih setuju LOL Worlds ditunda hingga tahun depan atau diselenggarakan secara online? Ataukah Bubble System akan berhasil membuat kompetisi ini berjalan lancar?