PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Player MOBA Lain Mau Coba Wild Rift? Ini Tips Untuk Kalian!

Billy Rifki
21/10/2020 18:14 WIB
Player MOBA Lain Mau Coba Wild Rift? Ini Tips Untuk Kalian!
Esports.ID

League of Legends: Wild Rift sedang ramai dimainkan kalangan gamer. Meski masih di tahap akses awal, pemain sudah tak sabar menjajal LOL versi mobile yang katanya lebih rumit dibandingkan variasi MOBA mobile lain seperti Mobile Legends, Arena of Valor atau lainya

Akibatnya, ramai di postingan media sosial keluhan pemain LOL: Wild Rift yang kesal karena banyak pemula yang tidak mengerti meta di LOL: Wild Rift dan memaksakan gaya main dari MOBA sebelah. Buat sobat Esports yang masih bingung cara main yang efektif di LOL: Wild Rift, tenang, Esports.ID punya tips untuk kalian khususnya mantan pemain Mobile Legends biar langsung lancar tempur di Summoner's Rift.

Indonesia Gaming Award

Apa saja sih tips untuk pemula yang baru main LOL: Wild Rift?

- Mengikuti Arahan Laning

Dalam game, ketika pertandingan dimulai akan ada petunjuk arah beserta nama lane yang dituju. Misalnya Baron Lane atau Dragon Lane. Kedua jalur tersebut juga punya rekomendasi untuk player agar diisi oleh satu hero atau duet.

Baron lane, bisa kalian samakan dengan offlane atau hardlane, sementara Dragon lane adalah safelane di mana carry kalian berfokus melakukan farm sedangkan support atau tank menjaga sambil meng-harras musuh.

Midlane tak perlu ditemani karena seperti Baron lane, tugas pemain mid adalah menjaga lane, adu mekanik dan menghancurkan struktur pertama. Nah, role paling penting adalah jungler. Hero ini dapat keleluasaan farm di awal game, mendapat exp, gold dan buff agar bisa berotasi atau mengambil objektif lain seperti Elemental Drake dan Rift Herald.

Kalian hanya perlu mempertahankan basic mekanik kalau memang sudah bisa bermain MOBA, namun urusan makro dan gameplay, sebaiknya tidak ngide dulu dan ikuti pakem yang ada.

- Summoner's Spell Smite Hanya Untuk Jungler

Banyak pemain yang salah kaprah mengira semua hero bakal untung kalau memakai spell Smite, atau di Mobile Legends dikenal dengan battle spell Retribution. Padahal, Smite membuat pendapatan gold dan exp kalian berkurang 20% saat laning.

Hero-hero yang tak disarankan untuk jadi jungler pun cenderung lama saat farm dan tak punya kemampuan manuver yang baik untuk kebutuhan gank dan rotasi. Beberapa hero jungler yang baik untuk pemula adalah Master Yi, Jax, Olaf atau Vi.

Bila kebetulan kalian tak main jungle, gunakanlah spell lain yang menunjang kebutuhan laning atau tim kalian.

- Jangan Cuekin Objektif Elemental Drake Atau Baron Nashor

Bagi beberapa pemain baru, mereka kerap terpaku dengan laning, menghabisi minion dan menjatuhkan turret semata. Kadang, memang gaya bermain newbie terlalu autis sampai enggan berpindah ke objektif lain didekatnya seperti Elemental Drake, Rift Herald sampai Baron Nashor.

Padahal, mengamankan objektif ini berdampak besar bagi kemenangan tim karena mereka memberikan buff permanen saat di bunuh. Misalnya, Cloud Dragon akan memberikan movement speed tambahan, Infernal Dragon memberikan damage permanen atau Ocean Dragon yang memberikan lifesteal dan spell vamp.

Tapi perlu diingat, ada beberapa monster besar yang tak bisa dihajar sendiri oleh jungler. Untuk kontestasi objektif Baron atau Dragon, memang sebaiknya dilakukan bersama minimal 2 sampai tiga hero.

- Meta LOL: WR Tidak Sama Dengan Mobile Legends

Dalam Mobile Legends, pemain terbiasa menggunakan pola 1-3-1 atau 1-2-2 untuk laning. Meskipun ada sosok jungler di patch terbaru, biasanya tetap midlane yang rangkap tugas memberantas monster hutan dikawal oleh dua support yang bergerak mengikuti midlane. Memaksakan memakai meta seperti ini pastinya tidak efektif karena jalannya permainan jelas tidak mendukung format seperti ini.

Beberapa trik di Mobile Legends seperti cut minion lebih sulit dilakukan saat early game. Hero kalian cenderung "bocor" terkena pukulan minion apalagi ditambah pukulan hero. Untuk pemain yang doyan agresif menginvasi musuh terus-terusan bakal terhambat karena LOL: WR cenderung dimainkan lebih sabar. Utamanya karena sistem pembelian item harus dilakukan dalam base. Jadi, proses snowball tidak bakal secepat Mobile Legends karena selalu ada waktu untuk musuh pulang ke rumah.

Untuk push turret, menghancurkan pertahanan musuh seorang diri bisa memakan waktu lama. Cara paling efektif untuk mengambil wilayah musuh adalah bergerak secara kelompok dan menerobos bersamaan agar damage ke turret lebih tinggi. Cara ini sebaiknya mulai kamu gunakan saat mid game ketika ingin menyerang atau merebut objektif di area Summoner's Rift.

Itu dia beberapa pendekatan baru yang mesti kamu pelajari ketika main LOL: Wild Rift, jangan sampai kamu jadi bahan celaan yah ketika main game baru. Kalau sudah paham, ngga susah kok main LOL: Wild Rift.