KASKUS Battleground PUBG Mobile

EVOS Mobile Legends Didiskualifikasi, Ini Klarifikasi Panitia Garuda Cup

Rendy Lim
03/05/2018 10:56 WIB
EVOS Mobile Legends Didiskualifikasi, Ini Klarifikasi Panitia Garuda Cup
Mobile Legends Garuda Cup

Sedikit mengejutkan memang jika mendengar tim EVOS Mobile Legends didiskualifikasi dari turnamen. Kesalahan apa yang dilakukan oleh sebuah tim nasional hingga membuat mereka harus terdepak secara 'tidak hormat' dari sebuah turnamen. Apalagi mengingat EVOS Mobile Legends memiliki pemain-pemain terbaik seperti Jess No Limit serta segudang prestasi. Bagi kamu yang belum mengetahui permasalahannya, ada baiknya sebelum kita saling menyalahkan satu pihak dan lainnya, yuk lihat kronologis kejadian tersebut serta klarifikasi dari pihak panitia. 

Pada babak kualifikasi Mobile Legends Garuda Cup hari kedua yang berlangsung semalam, tim EVOS Mobile Legends dijadwalkan untuk bertanding melawan Superdog Alpha pada jam 10 malam. Setelah melalui fase pick and banned, tiba-tiba caster Yudi 'JustinCase' Anggi mengatakan sesuatu yang menyinggung salah satu tim menggunakan skin dalam pertandingan. Pertandingan langsung dihentikan setelah itu. 

Tidak perlu waktu lama untuk amarah dari para fans EVOS Mobile Legends langsung membanjiri kolom komentar live streaming. Meskipun disalah-salahkan oleh para penonton, pihak panitia dapat dengan tenang menjelaskan permasalahan yang terjadi dan mengakibatkan EVOS Mobile Legends harus didiskualifikasi. Bahkan, setelah pertandingan kemarin selesai, panitia langsung mengunggah video klarifikasi yang menjelaskan secara terperinci alasan diskualifikasi tersebut dan peraturan serta kesepakatan dibaliknya. 

Dalam video klarifikasi di bawah ini, kita sama-sama bisa menyaksikan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh EVOS Mobile Legends adalah murni kesalahan mereka sendiri. Peraturan tentang tidak diperbolehkannya penggunaan skin dalam turnamen ini sudah didiskusikan dan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh pihak penyelenggara serta disosialisasikan kepada peserta turnamen melalui technical meeting dengan para ketua tim. Terbukti pada hari pertama, EVOS Mobile Legends tidak melakukan kesalahan pada hari pertama babak kualifikasi.

Selain itu, pada hari kedua kualifikasi kemarin, tidak hanya EVOS Mobile Legends yang terkena diskualifikasi akibat melanggar aturan, Team.Flat yang dijadwalkan bertanding melawan BOOM.ID juga harus terkena diskualifikasi akibat kesalahan yang sama. 

Setelah membaca kronologis cerita dan klarifikasi di atas, kalian tidak perlu lagi marah-marah yah untuk menyalahkan salah satu pihak atas kejadian ini. Kelalaian pasti terjadi dan konsekuensi terhadap kelalaian tersebut adalah tanggung jawab yang harus diterima untuk menujukkan profesionalitas sebagai sebuah individu, tim ataupun penyelenggara acara. Apalagi ini sebelumnya adalah kesepakatan bersama kan? 

Yuk tetap dukung dan beri semangat tim-tim jagoan kamu dalam babak kualifikasi Mobile Legends Garuda Cup #1 yang masih berlangsung hari ini ataupun bagi  mereka yang akan mengikuti kualifikasi kedua. Stay positive sobat eSports!