Smartfren

MPL Season 2 Siap Digelar, Ketahui Detail Informasinya Sebelum Daftar!

basittt
23/05/2018 11:40 WIB
MPL Season 2 Siap Digelar, Ketahui Detail Informasinya Sebelum Daftar!
Irliansyah Wijanarko, Chief Growth Officer RevivalTV

Membawa kabar gembira untuk seluruh fans Mobile Legends di Indonesia, Moonton siap kembali gelar ajang paling bergengsi, yaitu Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia untuk Season 2.

Hal ini merujuk pada kesuksesan MPL Indonesia Season 1 yang mampu datangkan lebih dari 78.000 pengunjung ke Mall Taman Anggrek di babak Grand Final yang berlangsung April lalu. Tercatat juga, penonton Live Stream yang eksklusif di platform Facebook tembus angka 300.000 orang dengan total gelaran MPL Indonesia capai 12.000.000 Unique Visitors. Hal tersebut yang membawa Moonton ingin kembali mengulang kesuksesan, sembari menjaga kesuburan ekosistem eSports Mobile Legends di Indonesia.

SISTEM TURNAMEN MPL INDONESIA SEASON 2

MPL Indonesia Season 2 dengan tajuk 'Break Your Limit' gunakan sistem turnamen yang sedikit berbeda dari Season sebelumnya. Jika tim-tim peserta dari MPL Indonesia Season 1 yang kesepuluh timnya berasal dari kualifikasi, MPL Indonesia Season 2 gunakan sistem Direct Invite sebagai bentuk penghargaan untuk tim-tim yang berprestasi selama gelaran Season 1. Selain itu, sistem ini juga digunakan agar gelaran MPL antar Season bisa lebih berkesinambungan.

Namun demikian, babak kualifikasi daring di Season 2 juga masih akan digunakan untuk memberi kesempatan bagi tim-tim baru. Nantinya, akan ada 2 babak kualifikasi daring dengan jadwal sebagai berikut:

  1. Qualifier 1 (Q1) yang akan diadakan pada tanggal 8-10 Juni 2018
  2. Qualifier 2 (Q2) yang akan diadakan pada tanggal 22-24 Juni 2018

Format pertandingan yang akan digunakan di fase qualifier ini adalah Bo1 sebelum babak perempat final dan Bo3 untuk perempat final sampai ke penentuan juara. Masa pendaftaran untuk kualifikasi pertama (Q1) akan dibuka tanggal 30 Mei 2018.

Bagi 3 tim teratas dari Q1 dan Q2 akan miliki kesempatan untuk bertanding di Qualifier Final yang akan diadakan pada tanggal 6-8 Juli 2018. Selain 6 tim dari Q1 dan Q2 tadi, 4 tim di peringkat 5-8 dari Grand Final MPL Indonesia Season 1 akan langsung bertanding di babak ini. Bisa dibilang, babak Qualifier Final akan menampilkan 10 tim (6 dari kualifikasi dan 4 peringkat 5-8) yang akan bertanding dengan format Round Robin (Bo1).

Dari babak Qualifier Final tersebut, 6 tim dengan peringkat tertinggi akan lolos ke Regular Season bersama dengan 4 tim di peringkat teratas dari Grand Final MPL Indonesia Season 1.

Jadwal Regular Season MPL Indonesia Season 2 juga telah ditentukan sebagai berikut:

  • Week 1: 7-9 September 2018
  • Week 2: 14-16 September 2018
  • Week 3: 28-30 September 2018
  • Week 4: 5-7 Oktober 2018
  • Week 5: 12-14 Oktober 2018
  • Week 6: 19-21 Oktober 2018

PRIZE POOL AND DISTRIBUTION

MPL Indonesia Season 2 telah siapkan total hadiah sebesar 100.000 USD (sekitar 1,5 Milyar Rupiah) untuk para peserta kompetisi. Setiap tim yang berlaga di Regular Season akan dapatkan uang akomodasi sebesar 300 USD setiap minggunya. Tiap poin kemenangan selama Regular Season juga akan bagikan hadiah uang tunai yang sedikit berbeda dengan Season 1 (karena sekarang akan menggunakan format Bo3) dengan detail sebagai berikut:

  1. Tim yang mampu menang langsung dengan skor 2-0 akan langsung mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 600 USD
  2. Selain itu, setiap poin kemenangan yang berhasil diraih oleh satu tim akan bernilai sebesar 200 USD

STREAMING AND CREATIVE COMPETITION

Jika di Season 1 hanya babak Grand Final yang menggunakan caster berbahasa Inggris, setiap pertandingan mulai dari babak Qualifier di Season 2 akan menampilkan 2 tipe streaming dengan caster yang gunakan Bahasa Indonesia dan juga Inggris.

Selain itu, Moonton adakan juga Creative Competition untuk tim-tim yang berpartisipasi di sini. Setiap tim diwajibkan untuk membuat konten kreatif berupa video yang akan didistribusikan di kanal resmi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Tentu saja pemenang dari kompetisi kreatif ini akan dapatkan hadiah sebesar 2.500 USD.

Kompetisi konten kreatif ini ditujukan untuk membuka exposure yang lebih luas bagi tim-tim yang berpartisipasi di Mobile Legends.

UPCOMING COMPETITIONS

Terakhir, selain MPL Indonesia Season 2, Moonton juga telah menyiapkan sejumlah turnamen lain untuk terus menjaga sisi kompetitif dari game Mobile Legends di Indonesia. Nantinya, akan ada 3 turnamen resmi yang telah disiapkan Moonton untuk para gamer, yaitu:

  1. Monthly Cup
  2. City Cup
  3. Mobile Legends: Bang Bang South East Asia Cup 2018

KOMENTAR JUARA SEASON 1: AEROWOLF ROXY

Sebagai juara dari MPL Indonesia Season 1, tentu Aerowolf Roxy hadir sebagai tamu kehormatan di konferensi pers yang diadakan kemarin. Saat ditanya tentang persiapan mereka dan kemungkinan munculnya tim-tim baru yang mengejutkan di Season 2, Afrindo G Valentino mewakili Aerowolf Roxy menyebutkan, "Saat ini belum dipikirkan sih, karena masih agak jauh juga baik MPL Indonesia Season 2 ataupun MSC. Dari pihak Aerowolf juga memberikan kami libur untuk refreshing sejenak, apalagi mereka menyadari mental kami terkuras habis di kompetisi sebelumnya. Sehingga momen ini akan sangat baik, mengingat 2 pemain di Aerowolf Roxy berasal dari Pontianak dan mereka akan kembali ke kampung halaman terlebih dahulu sebelum mulai aktif lagi."

"Mengenai tim-tim baru, menurut kami pastinya akan ada ya. Sudah pasti kami harus siap mengantisipasi tim-tim baru yang bermunculan, karena makin ke sini jalan dalam kompetisi Mobile Legends bukan makin mudah pastinya akan makin sulit. Bisa jadi tim-tim baru yang kuat akan datang untuk menjatuhkan tim-tim besar, oleh karena itu kami juga harus siap mengantisipasinya."

Sepertinya, gelaran MPL Indonesia Season 2 akan jadi ajang yang semakin menarik khususnya untuk komunitas Mobile Legends di Indonesia. Nantikan terus informasi terbaru hanya di Esports.ID!