GudangVoucher - Esports.ID

Debut Mobile Star League Hadirkan Jagoan ML dari 5 Negara di SEA

MalZaHar
28/06/2018 14:18 WIB
Debut Mobile Star League Hadirkan Jagoan ML dari 5 Negara di SEA
EVOS eSports & Bigetron Jadi Tim Undangan Resmi di MSL!

Seth & Merv Productions, perusahaan startup asal Malaysia yang fokus pada penyelenggaraan ragam event eSports, siap menggelar sebuah perhelatan bertajuk MOBILE STAR LEAGUE, yang mengusung tagline 'era baru untuk mobile eSports di Asia Tenggara'.

Mobile Star League (MSL) merupakan kompetisi berformat liga yang secara khusus mengundang sejumlah tim profesional (invitation only) dari negara-negara di region SEA. Pada debut perdananya, MSL akan menyertakan 8 tim undangan dari lima negara (Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Indonesia), dengan cabang game yang dipertandingkan adalah Mobile Legends.

Menurut info resminya, MSL (Round 1) sedianya bakal mulai berlangsung di bulan Juli, dan berlanjut ke periode atau musim kompetisi selanjutnya dalam rentang waktu empat bulan setiap periodenya.

"MSL bertujuan untuk menciptakan ekosistem eSports yang berkelanjutan dengan memberikan konsistensi baik kepada para penikmat maupun penggiatnya (organisasi eSports - red)," ungkap Seth B. Wong, Director of Seth & Merv Productions. "Konsistensi akan pertandingan game yang kompetitif, terus melakukan pengembangan konten menarik bersama staf pendukung di balik acara, serta secara kontinyu membina hubungan baik dan strategis dengan tim atau organisasi yang menopangnya."

Jadi, melalui MSL, pihak penyelenggara berharap untuk tidak hanya dapat membantu setiap tim profesional yang mengikutinya agar semakin tumbuh dan berkembang, tapi bisa menarik keterlibatan lebih jauh bagi para penggiat lokal lainnya, seperti shoutcasters, content creators, dan masih banyak lagi.

"Saat ini, masih kurang turnamen berskala internasional bagi tim-tim profesional," ujar Jeffery Chan, General Manager of AirAsia Saiyan, mengomentari keikutsertaannya dalam MSL. "Dengan adanya MSL yang memberikan pengalaman bertanding bagi pemain kami dengan tim dari negara lain akan sangat membantu dalam meningkatkan level permainan tim AirAsia Saiyan, dan saya tidak sabar untuk menanti mereka beraksi."

Sejauh ini, panitia baru merilis 4 tim undangan yang bakal mengikuti fase pertama dari MSL (Round 1), yakni IDonotsleep ESports (Thailand), AirAsia Saiyan (Malaysia), EVOS Mobile eSports, dan Bigetron Esports (Indonesia). Sementara 4 nama tim berikutnya, dari Singapura dan Filipina, akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini.

Berikut adalah info detil mengenai jadwal dan format turnamen Mobile Star League: Mobile Legends Bang Bang.

Waktu Pelaksanaan: 10 Juli - 25 Agustus 2018 (hari Selasa s/d Kamis)

Format: Online Tournament

1. Group Stage (BO2 Double Round Robin): 10 Juli - 9 Agustus 2018
2. Playoff (BO3 Double Elimination): 25 Agustus 2018
3. Grand Final (BO5 Single Elimination): 25 Agustus 2018

Prize Pool: Total of US$10.000 (1st Winner - US$4.000)

Selain itu, MSL juga menargetkan pada masa mendatang untuk menambahkan titel game eSports lainnya yang bakal dipertandingkan, sehingga dapat memunculkan beberapa kompetisi liga sekaligus dalam waktu bersamaan. Pada intinya, MSL diharapkan dapat menjadi kunci penting terciptanya ekosistem yang kuat bagi scene mobile eSports dengan menghapus garis pembatas di antara negara-negara peserta, atau di regional Asia Tenggara.