Esports.ID

Bete Kena CC di ML? Kenali Tipe & Cara Mengatasinya!

Rendy Lim
16/10/2018 11:26 WIB
Bete Kena CC di ML? Kenali Tipe & Cara Mengatasinya!
Mobile Legends

Apa hal paling menyebalkan yang sering kamu temui saat sedang bermain Mobile Legends, sobat eSports? Selain dari jaringan yang putus atau tim yang toxic yah! Mungkin beberapa dari kamu setuju kalau terciduk tiba-tiba saat lagi asik farming atau mungkin terlalu pede masuk ke team fight tapi malah terkena efek crowd control (CC) yang membuyarkan impian dan strategimu.. 

Sebelum memahami cara mengatasi crowd control, memang perlu pengetahuan tentang skill-skill yang hero musuh miliki serta jenis atau tipe CC-nya. Jika sudah mengetahuinya, niscaya tidak sulit untuk menghindari bahkan lepas dari efek CC hero tersebut. 

Mengutip dari Gcube, sila disimak jenis-jenis efek CC yang ada di Mobile Legends dan pantengin sampai akhir untuk mendapatkan tips hero-hero apa saja yang bisa membantu sobat eSports.

  • STUN

Efek CC ini ketika dipakai dan tepat mengenai sasaran akan membuat lawan tidak dapat bergerak, menyerang, bahkan menggunakan skill. Stun adalah efek crowd control yang mungkin paling sering kamu temukan di hero. Efek stun tersebut akan berlangsung selama durasi yang ditentukan serta dapat ditargetkan kepada 1 hero atau AoE (Area of Effect), tergantung pada jenis skill maupun hero, contohnya Chou.

  • PROVOKE / FORCE

Efek CC ini cukup sering digunakan sebagai initiator team fight. Kemampuannya untuk menarik lawan dan membuat mereka menyerang sebuah target secara paksa dapat membuat kesempatan bagi hero lain agar terbebas dari gangguan. Biasanya skill CC Provoke memiliki jangkauan AOE yang cukup luas. Contohnya GatotKaca.

  • TRAP

Skill CC yang satu ini cukup unik karena ketika menggunakan skill ini, heromu akan menaruh sebuah perangkap yang ketika diinjak atau dilewati oleh musuh akan membuat efeknya aktif. Biasanya efek CC yang ditimbulkan oleh skill ini adalah slow movement dan silence (tidak bisa menggunakan skill). Contohnya Selena

  • ACCURACY

Dikenal memiliki jarak yang jauh, jadi bagi kamu pengguna hero yang memiliki skill CC accuracy ini harus banyak latihan agar bisa mengarahkannya dengan timing serta arah tepat ke musuh. Efek yang ditimbulkan oleh jenis CC ini juga bervariasi mulai dari stun , slow movement, dan lainnya. Contohnya Franco.

  • REAP / FORCE

Jenis terakhir dari CC adalah Reap atau Force. Jika kamu biasa melihat bagaimana aksi Kaja atau Uranus yang mengikat musuhnya, seperti itulah contoh CC yang bersifat Reap. Biasanya selain mengikat musuh, efek yang juga ditimbulkan bisa beragam mulai dari stun sampai tidak dapat melakukan attack

Bagaimana Cara Mengatasinya Ragam CC di Mobile Legends?

Setelah mengetahui jenis-jenis CC yang sudah dijelaskan di atas, sekarang saatnya mengenal beberapa hero yang bisa membantu kamu dalam menghindari atau menggagalkan skill CC tersebut. Berikut ini contoh-contohnya:

  • DIGGIE

Ternyata ultimate ability dari Diggie memang didesain untuk menghilangkan semua efek CC dari lawan. Karena jaraknya yang cukup besar, tentunya hal ini akan sangat membantu dalam kondisi team fight sehingga serangan kamu dan timmu tidak terganggu oleh skill CC milik lawan. 

  • MARTIS

Skill kedua Martis dapat membuat dirinya lepas dari pengaruh efek CC lawan loh sobat eSports. Sedangkan skill pertamanya dapat membuat batal lawan yang sedang atau ingin menggunakan skill CC. Tapi tentunya perlu timing yang pas agar dapat melakukan hal tersebut yah!

  • LANCELOT

Para pengguna sejati Lancelot pasti tahu jika skill kedua milik hero ini dapat membantu dirinya untuk lolos dari skill CC yang ditujukan kepadanya. 

Bagaimana sobat eSports, semoga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah effect crowd control dari musuh saat bermain Mobile Legends yah!