Pahami Beda Meta Mobile Legends di Rank Epic dan Mythic

Billy
29/01/2019 14:12 WIB
Pahami Beda Meta Mobile Legends di Rank Epic dan Mythic
Esports.ID, Youtube

Meta adalah aspek penting dalam game kompetitif seperti Mobile Legends, namun tak banyak gamer yang mengerti definisinya. Salah satu cara penggambaran meta yang mudah adalah terkait hero yang dianggap populer dalam rentang waktu tertentu, sampai adanya perubahan meta akibat rilisnya update terbaru.

Nah, ada baiknya kita pahami dulu definisi meta itu apa. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), meta berarti perubahan. Sementara meta yang kaum gamer rujuk adalah singkatan untuk metagame yang dapat diartikan sebagai metode atau strategi paling relevan/sesuai/unggul pada saat itu. Meta selalu berubah-ubah mengikuti update terbaru, maka syarat jadi pemain yang hebat haruslah beradaptasi dengan meta!

Esports.ID Fanpage Facebook

Dalam Mobile Legends, ada hal menarik ketika membicarakan meta karena terdapat perbedaan pilihan hero secara signifikan dari rank kecil (Elite- Warrior- Master), menengah (Grandmaster-  Epic- Legend), sampai paling tinggi (Mythic- Mythical Glory).

Kelompok rank kecil dan menengah cenderung kurang mengedepankan strategi dan meta, karena gaya permainan yang lebih mengandalkan egosentrisme ketimbang kerjasama tim, sehingga variasi hero dalam pick/ban cenderung sesukanya.

Adapun kejadian-kejadian "khas" seperti terlalu banyak assasin, rebutan marksman, menumpuk fighter, duo mage, atau lainnya kerap terjadi karena keengganan belajar dan kurangnya skill menggunakan hero lain. Adanya fitur pick/ban di rank Epic pun tak menumbuhkan kesadaran akan kerjasama tim. Bisa juga karena arogansi, ketidakpercayaan, dan kurangnya pemahaman bermain secara kelompok membuat fitur ini dipakai asal-asalan.

Ada pemain yang melakukan ban karena takut dengan kekuatan hero tertentu, segelintir cuma ikut-ikutan tanpa tahu alasannya, sebagian masih melakukannya ban karena tidak mau di-counter namun merunyamkan strategi keseluruhan. Tak sedikit pula yang melakukan ban kepada hero-hero baru atau populer.

Misalnya, ketika melakukan ban pada Harith, Lunox, atau Aldous, tiga hero langganan ban di rank menengah karena kemampuannya di anggap overpower. Pemain di kelas ini memilih menghindari hero tersebut karena kurangnya pemahaman akan counter pick yang sejatinya jadi strategi mematikan ketimbang melakukan ban.

Berbeda dengan proses ban/pick di kelas Mythic yang cenderung lebih strategis. Karena tahu Harith, Lunox, dan Aldous adalah hero yang bagus, mereka tidak serta-merta melakukan ban pada dua hero itu melainkan menyasar counternya, seperti Helcurt yang punya silence, atau Kaja dengan disable mematikannya.

Bila musuh mengetahui perihal itu tentu mereka tak ingin melewatkan kesempatan menggunakan satu di antara tiga hero paling OP saat ini. Karena pastinya salah satu akan terlepas. Agar permainan jadi seimbang, maka lebih baik memilih untuk memban counter dari tiga hero di atas agar optimal memainkan salah satunya.

Faktor first pick juga sangat berpengaruh dalam menentukan pola pemilihan hero. Khusus hero yang memang jadi incaran, sebaiknya segera dipilih. Bila mendapat second pick, maka fokuskan dengan memilih counter pick dan satu hero yang menentukan gaya main tim. Misalnya, tim kamu dengan sengaja melepas Aldous dan musuh sesuai rencana memilih sang contractor, maka timmu bisa memilih Grock untuk memberi pressure di lane dan jungle, disusul dengan Thamuz sebagai pengisi sidelane supaya Aldous kesulitan farm di lane.


Contoh Drafting tim Mobile Legends Profesional di IEG. Source: youtube

Meta hero di rank tinggi yang mengedepankan kerjasama jelas berbeda dengan opsi di kelas menengah. Hero seperti Kaja, Grock, Lapu-lapu, Hayabusa, dan Helcurt lebih laris ketimbang meta hero di rank GM / Epic / Legend, seperti Natalia, Johnson, Zilong dan Hanabi.

Kebanyakan meta di rank Mythic hampir serupa dengan yang digunakan saat tim MobLeg terbaik tanah air sedang turnamen. Bisa dibilang mereka adalah pembentuk meta sekaligus individu yang paling mumpuni untuk menggali potensi dari suatu hero. Bahkan tak aneh bila mereka menciptakan meta baru saat turnamen seperti menggunakan dua marksman/dua mage, atau dua tanker.

Tentu saja kamu bisa menyimpang dari meta dengan menguasai hero tertentu untuk memanjat rank sekaligus top global. Namun jangan lupa tingkatkan juga kerjasama dan sikap baik terhadap tim bila ingin menang.

Berdasarkan pengalaman sobat esports, apakah bermain ikuti meta bisa meningkatkan atau memperbesar kesempatan kamu untuk menang di Mobile Legends?