Esports.ID

Pengalaman Ikut MPL, 'Harga' Menjadi Player Profesional!

Rendy Lim
11/01/2019 11:34 WIB
Pengalaman Ikut MPL, 'Harga' Menjadi Player Profesional!
Mobile Legends Pro League

Babak kualifikasi Mobile Legends Pro League Season 3 tengah berlangsung saat ini. Ratusan tim, mulai dari amatir hingga professional mendaftarkan diri dan bertanding dengan tujuan sama yakni memperebutkan slot bertanding dalam main event yang hanya menyaring 10 tim terbaik, sekaligus tentunya iming-iming hadiah. 

Namun tidak mudah untuk bisa bersaing dengan para tim yang bisa dikatakan telah menghabiskan 'hidup' mereka untuk aktif bermain dan berlatih Mobile Legends setiap harinya. 

Kancah terbesar di ranah kompetisi MLBB di Indonesia ini juga menjadi kesempatan bagi para pemain dan tim amatir untuk menunjukkan aksinya  dalam bermain Mobile Legends, sembari berharap dapat dilirik oleh organisasi esports yang sedang mencari rekrutan baru.

Keberhasilan tim-tim amatir dalam MPL season sebelumnya mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berpartisipasi kali ini. Seperti Elite8, yang pada Season pertama MPL merangkak dari tim amatir dan lolos kualifikasi, kemudian akhirnya diakuisisi oleh organisasi esports profesional. 

Bagi segelintir orang, mendaftarkan diri ke turnamen besar terkesan menghabiskan waktu, karena jika tujuannya adalah untuk langsung menang menjadi juara, kesempatan tersebut sangatlah kecil. Selain faktor keterbatasan hero yang dimiliki hingga penguasaannya, salah satu hal yang cukup membedakan adalah tim profesional memiliki organisasi mapan yang menaungi dan membiayai kebutuhan mereka bertanding untuk memperoleh kemenangan, mulai dari latihan fisik, mental, hingga kebutuhan item in-game

Hal tersebut tentu menjadi gap yang cukup besar bagi tim amatir dengan tim profesional esports. Memiliki support yang sangat memadai tentunya memberikan kesempatan untuk menang semakin besar. Faktor selanjutnya yang tinggal ditingkatkan adalah latihan. Namun bagi pemain atau tim amatir, justru saat inilah kesempatan yang tepat untuk 'show off' skill yang mereka miliki, sehingga bisa meraih kesempatan untuk dilirik, atau bahkan direkrut oleh tim profesional.

Tak hanya sekedar ajang pertarungan tim-tim terkuat dan mencari tim mana yang terbaik, Mobile Legends Pro League memberikan kesempatan bagi hadirnya bibit-bibit baru dalam esport, khususnya MLBB. Tidak heran makanya setiap akhir season akan hadir pemain atau tim baru dari partisipan MPL saat itu.

Regenerasi pemain menjadi hal yang sangat krusial jika kita berbicara seberapa lama sebuah gim akan bertahan. Bila gim itu mampu menarik pemain baru untuk terus masuk dan bermain, tentunya umur game tersebut akan semakin lama. Salah satu caranya adalah mengadakan turnamen yang menjangkau beragam level pemain agar bisa melakukan regenerasi pemain.

Alasan utama kenapa banyak pemain atau tim amatir yang ikut berpartisipasi dalam MPL adalah skalanya yang besar. Tentunya jika sebuah organisasi esports bisa keluar sebagai juara dalam MPL, maka tim mereka akan melejit naik pamornya. Selanjutnya adalah MPL sebagai kesempatan langka bagi para tim amatir unjuk kemampuan agar bisa menarik perhatian para pemilik organisasi esports yang sedang mencari bibit baru Mobile Legends

Rasa penasaran untuk melihat dan merasakan langsung bagaimana antusias serta kemampuan para pemain amatir ini dalam mengikuti MPL Season 3, tim Esports.ID memutuskan untuk ikut berpartisipasi. Perlu kamu catat dulu bahwa kami bukan termasuk tim profesional yah, kita hanya sering main bareng untuk push rank di kala jam makan siang kok! ^_^

Pada ronde pertama, kami bertemu dengan sebuah tim yang bernama Sinyal Rusak. Bertemu dengan sesama tim amatir sebenarnya akan sangat membantu untuk menilai keseriusan para tim peserta di MPL. Terbukti, lawan dari tim Esports.ID memang nampak cukup siap dan membuat kubu kami sangat kewalahan. Tim mereka lebih solid dan memiliki komunikasi serta kerjasama lumayan bagus, yang menandakan bahwa tidak sedikit tim amatir yang memang sudah mempersiapkan diri secara baik jelang bertanding di ajang MPL.

Yup, kamu tidak salah menebak, kami kalah di ronde pertama (Bo1) dan harus terhenti pada MPL season ini. Namun pengalaman ini cukup untuk memberikan gambaran bahwa masih ada tim-tim amatir yang layak curi perhatian dalam MPL dengan potensi kemampuan maksimal yang masih terpendam. Tidak hanya sembarang daftar karena kemauan mereka untuk berusaha keras mencoba meskipun tahu tidak sedikit tim professional yang juga ikut serta dalam babak kualifikasi ini patut diacungi jempol. 

Kalah jauh yah poinnya? :)

Catatan yang bisa kami berikan sebagai salah satu partisipan kepada sobat esports yang mungkin belum sempat atau tidak kepikiran untuk ikut dalam kompetisi esports cuma satu, COBA SAJA DULU! Cobalah untuk merasakan ketegangan dan serunya berpartisipasi dalam sebuah turnamen esports. Bukan untuk mengincar kemenangan belaka, namun mendapatkan pengalamannya. Karena ingat hal yang besar selalu dimulai dari sesuatu yang kecil kan?

Usaha keras itu takkan mengkhianati. Segala kerja keras dan waktu yang kamu habiskan untuk mengasah kemampuan pada suatu hal tentu akan terbayar jika benar-benar didalami. Termasuk dalam bermain Mobile Legends, jika kamu bisa menunjukkan hasil dari kerja kerasmu dalam MPL kali ini, kesempatan kamu untuk menjadi pemain atau tim professional tentu akan semakin terbuka lebar. 

Siapa nih sobat esports yang saat ini timnya sedang mengikuti Mobile Legends Pro League Season 3? Semangat terus dan semoga kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berharga, atau mungkin raih impianmu dalam turnamen ini yah!