Star8 dan Nazone Rebut Jatah ke Piala Presiden Esports

MalZaHar
25/02/2019 17:32 WIB
Star8 dan Nazone Rebut Jatah ke Piala Presiden Esports
Tampil di Metro TV, Final Regional Manado dan Solo!

Tidak terasa sudah 4 kualifikasi regional yang rampungkan hasil dan pastikan juaranya untuk bertanding di Grand Final Piala Presiden Esports, 30 – 31 Maret 2019, di Istora Senayan.

Keempat regional tersebut adalah Palembang, Bali, Surabaya, dan Makassar. Kini, giliran tim peserta dari pendaftaran di kota Manado (mencakup Sulawesi Utara, Maluku, Papua, dan daerah sekitarnya), serta kota Solo, yang saling bersaing memperebutkan jatah menuju babak puncak!

Star8 Esports - Lebih Solid dan Pengalaman!

Sabtu (23/2) kemarin, dua tim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) profesional yakni Star8 Esports (asal Manado) dan Unloyal (dari kota Ambon) tarung secara LIVE di panggung Grand Studio Metro TV, serta disiarkan langsung sekitar pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Hal unik dari final kualifikasi regional Manado ini adalah hadirnya pemain asal tim Unloyal yang ternyata masih berstatus pelajar kelas 3 SMP. Zulfikar, namanya, sampai harus izin absen ujian tryout demi bisa mengikuti turnamen ini. Tidak terlalu sia-sia juga rasanya, meski hanya menduduki peringkat kedua karena mereka bisa menjadi salah satu tim terbaik dari 200 pendaftar regional Manado.

Sang juara, Star8 Esports, memang sudah cukup mentereng namanya dengan kerap ikuti turnamen-turnamen MLBB belakangan ini. Dominasi mereka sudah terlihat sejak babak pertama bergulir, di mana Star8 hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk kunci kemenangan dengan skor akhir 22-13.

Babak kedua berjalan lebih lambat, namun tetap perlihatkan keunggulan dari segi kerjasama tim serta strategi matang para pemain-pemain Star8 untuk membatasi pergerakan hero-hero Unloyal. Pertandingan ini dimenangkan Star8 dengan skor 33-9, hingga menit ke-12, di mana peraih MVP diberikan kepada Nando (XIN), pengguna hero Hayabusa di babak satu dan pakai Karrie di partai terakhir.

Hasil ini mencuatkan Star8 Esports sebagai juara pertama serta hadiah uang tunai senilai Rp.25 juta + slot bertanding di Grand Final Piala Presiden Esports 2019, bulan depan. Tim Unloyal masih boleh berbangga dengan perolehan hadiah uang sebesar Rp.15 juta, sebagai runner-up.

Turut hadir pula di acara final kualifikasi regional kota Manado ini, antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Jetty Pulu, M.Si, yang menyatakan dukungan penuh dari pemerintahan Sulawesi Utara. ”Kami akan bersama-sama dengan dispora akan menyiapkan aplikasi khusus untuk esports dan dukung 100% perkembangannya,” ungkapnya dalam sesi jumpa pers (23/2).

Di kesempatan yang sama, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara, Bapak M. M. Sendoh menyatakan, “Pemerintah daerah Sulawesi Utara mendukung penuh esports 100%. Kami siap bersama-sama untuk memajukan esports dan bersemangat dalam rangka mendukung esports.

Nazone Gaming – Bukti Potensi Gamer Daerah!

Hari Minggu (24/2), Metro TV kembali menyiarkan secara langsung pertandingan final kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2018, yang kali ini mempertemukan dua tim asal Solo, yaitu Nazone Gaming dan Saints Solo.

Hebatnya, tim Saints Solo baru terbentuk satu hari sebelum pendaftaran ditutup. Mereka juga merekrut pemain wanita untuk bergabung dalam timnya. Berbalik dengan Nazone Gaming, yang merupakan organisasi esports dengan dua divisi gim (Mobile Legends dan PUBG-M) serta tercatat memiliki 110 anggota tim.

Alhasil, perbedaan kualitas kedua tim finalis pun agak jomplang, meski pertandingan tetap berjalan alot dan seru untuk ditonton. Nazone Gaming mampu memenangkan dua ronde dan pastikan satu slot menuju Grand Final Piala Presiden Esports 2019. Ronde pertama berakhir pada menit 11 dan skor akhirnya 12-8, sementara di ronde berikutnya usai di menit 16 setelah skor capai angka 27-21.

Sebagai pemenang pertama, Nazone Gaming berhak memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp.25 juta, sedangkan runner-up Saints Solo terima bonus sebesar Rp.15 juta.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, lewat sambungan telepon menyatakan, “Potensi anak-anak kita di Indonesia luar biasa. Kita harapkan nantinya akan menjadi anak-anak yang bisa mengembangkan diri, dan mengembangkan esports. Saatnya pemerintah negara mengikuti perkembangan teknologi sehingga tugas kita adalah mendoktrin agar teman-teman ini tidak offside.”

Giring Ganesha, selaku Presiden IESPL dan Ketua Steering Committee Piala Presiden Esports 2019 menyatakan, “Misi terbesar kita adalah dapat memajuka ekosistem esports. Pemerintah yang sekarang selalu bilang bahwa cita-cita kita apapun di zaman sekarang, asal kita serius untuk menekuninya, pemerintah akan selalu mendukung. Zaman ini esports sudah beda, zaman yang luar biasa.”

“Pemerintah mendukung apa yang menjadi bakat anak-anak, di mana dengan hobinya, mereka bisa peroleh pendapatan," ujar Adelio Luis B. Ajos, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. "Pemain wanita seperti Mbak Winny dari tim Saints Solo itu banyak, bahkan ribuan, hanya belum tersentuh. Mudah-mudahan ini menjadi apresiasi dan inspirasi lagi bagi kami untuk memberi ruang lagi di Jawa Tengah."

Piala Presiden Esports 2019 ini diselenggarakan atas kerjasama dari Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif yang dalam penyelenggaraannya diadakan oleh IESPL serta disponsori oleh Sakuku, blibli.com, Game.ly, dan Moonton.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak untuk Piala Presiden. Kita sangat apresiasi atlet esports Manado yang jumlahnya ada 3.000 pemain. Manado punya atlet esports yang meraih emas di Asian Games 2019,” kata Wakil Ketua Steering Committee Piala Presiden Esports 2019.

Masih ada 2 pertandingan babak kualifikasi final regional Piala Presiden Esports 2019 yaitu untuk regional Makassar dan Bekasi yang akan berlangsung dan disiarkan secara langsung oleh Metro TV pada hari Sabtu dan Minggu, 2 & 3 Maret 2019 pada pukul 13.00 – 15.00 sebelum akhirnya seluruh pemenang dari masing-masing regional akan bertanding di grand final pada tanggal 30-31 Maret 2019 yang rencananya akan digelar di istora Senayan dan disiarkan secara langsung oleh Global TV.