Esports.ID

Sebelum Berangkat ke Piala Presiden Esports 2019? Kamu Wajib Tahu Ini!

basittt
28/03/2019 15:24 WIB
Sebelum Berangkat ke Piala Presiden Esports 2019? Kamu Wajib Tahu Ini!
Jokowi dan Atta Halilintar Bakal Muncul di Piala Presiden Esports 2019

Babak penentuan dari Piala Presiden Esports 2019, segera dimulai akhir pekan ini! Berlangsung di Istora, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, 16 tim dari berbagai jalur kualifikasi akan berseteru menentukan yang terbaik dalam kepiawaiannya memainkan game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk memperebutkan total hadiah 1,5 milyar Rupiah.

Hal lain yang menjadi pembeda turnamen ini dengan kompetisi bergengsi lainnya adalah Piala Presiden Esports 2019 merupakan mandat dari Bapak Joko Widodo yang disampaikan melalui empat lembaga pemerintahan; Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda & Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), yang menginginkan kemajuan ekosistem esports di Indonesia. Berkolaborasi bersama IESPL yang dikomandoi oleh Giring Ganesha, tentu ini jadi ajang untuk membesarkan scene esports di Indonesia sekaligus menemukan dan membina para pemain berprestasi agar dapat harumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kira-kira seperti apa gambaran babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019? Buat sobat esports yang penasaran dengan pagelaran ini, atau bagi kamu yang sudah memesan tiket, Esports.ID berikan bocoran hal-hal apa saja yang wajib diperhatikan dan bakal kamu temukan di ajang bergengsi ini!

KOMPETISI PENUH DI HARI PERTAMA

Seperti yang disampaikan oleh Giring Ganesha melalui konferensi pers di Krida Bhakti Sekneg (26/3), bahwa hari pertama Piala Presiden Esports 2019 akan dijadwalkan penuh untuk kompetisi yang diikuti 16 tim peserta. Mulai dari 8 tim dari kualifikasi regional; Professional Esports (Palembang), ROC Esports (Bali), Revo (Surabaya), Starlest (Makassar), STAR8 (Manado), Nazone Gaming (Solo), Cupu (Pontianak), dan Humble (Bekasi), hingga 8 tim dari kualifikasi tertutup; ONIC, Aerowolf, PSG.RRQ, Atler Ego, Louvre Juggernaut, SFI Critical, EVOS Esports, dan Capcorn.

Open Gate dibuka sejak pukul 10.00 WIB, di mana pertandingan pertama akan mulai pukul 11.00 WIB, dan dijadwalkan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Sebanyak 12 match akan tampil di hari pertama dan beberapa pertandingan berlangsung secara berbarengan melalui stage yang tersedia di venue Piala Presiden Esports 2019. Gunakan sistem gugur, tim yang kalah akan langsung terhempas dari kompetisi. Usai 12 match selesai, 4 tim yang tersisa akan melaju ke babak perempat final pada hari kedua Piala Presiden Esports 2019.

BABAK FINAL & HIBURAN DI HARI KEDUA

Berbeda dengan hari pertama, hari kedua Piala Presiden Esports 2019 tidak terlalu padat kompetisi, karena hanya tinggal 4 tim yang tersisa untuk menyelesaikan pertandingannya. Meskipun begitu, tentu ini akan jadi babak penentuan yang begitu mendebarkan, karena selain gelar titel dan hadiah yang begitu fenomenal, menurut penuturan Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, posisi 1-3 akan diikutsertakan dalam Pelatnas untuk SEA Games 2019.

Seperti yang diungkapkan juga oleh Giring Ganesha, hiburan dan kompetisi akan dipadukan untuk meriahkan Piala Presiden Esports 2019. Walaupun minim pertandingan, namun acaranya akan tetap padat dan malahan lebih eksklusif bagi tim yang bertanding. Belum lagi unsur hiburan yang akan tersaji pada hari kedua Piala Presiden Esports 2019 dengan kehadiran Atta Halilintar, Vidi Aldiano, JKT48, Wizzy Williana, yang dipandu oleh MC ternama Ben Kasyafani dan Ayushita.

Giring juga memberitahukan bahwa Atta Halilintar dan Vidi Aldiano akan berseteru yang melibatkan penonton. Ini jadi sajian yang intim bagi para fans Atta dan Vidi, untuk bisa main bareng Mobile Legends di venue Piala Presiden Esports 2019. "Tujuannya apa? Tentu saja untuk menggabungkan hiburan dan esports, agar penonton secara umum bisa menerima Piala Presiden Esports, dan juga Esports itu sendiri," ucap Giring Ganesha.

PRESIDEN DIKABARKAN HADIR

Kepastian Bapak Joko Widodo untuk hadir di perhelatan Piala Presiden Esports 2019 makin mendekati lampu hijau. Kabarnya, Bapak Presiden akan muncul di hari terakhir pagelaran (31/3), yang merupakan puncak dari acara Piala Presiden Esports 2019. Hal itu disebut-sebut oleh Giring Ganesha saat bincang hangat dengan Triawan Munaf dan Imam Nahrawi di Gedung Kriya Bhakti Sekretariat Negara, pada Konferensi Pers Piala Presiden Esports 2019.

TAYANG DI STASIUN TELEVISI NASIONAL

Hari terakhir Piala Presiden Esports 2019 penuh dengan hiburan, artis ternama, dan juga kehadiran Bapak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia, bukan tanpa alasan. Giring memberitahukan bahwa perpaduan hiburan dan esports di hari kedua tidak lain dan tidak bukan karena selama 4 jam terakhir perhelatan Piala Presiden Esports 2019 akan tayang di GTV. Tentu itu menjadi alasan yang cukup kuat untuk menjadikan bumbu pemanis saat kompetisi esports tayang di televisi yang akan ditonton banyak orang di Indonesia.

KETERSEDIAAN TIKET

Seperti kita ketahui, agar bisa masuk ke venue Piala Presiden Esports 2019 kamu wajib untuk memiliki tiket yang telah dijual melalui Tiket.com dan juga Blibli.com. Harga yang ditawarkan beragam, di mana hari pertama dibandrol dengan harga 20.000 IDR, dan hari kedua 30.000 IDR, sedangkan tiket terusan seharga 40.000 IDR. Sayangnya, untuk saat ini tiket terusan sudah terjual habis, menurut penuturan Giring Ganesha.

Terkait hal tersebut, sobat esports tidak perlu khawatir, karena ada kabar baik bahwa tiket juga akan dijual on the spot (OTS) di GBK, Senayan, baik itu tiket hari pertama ataupun hari kedua.

GRATIS! 100 SKIN EKSKLUSIF GATOTKACA SPARK!

Seperti kita tahu, Gatotkaca yang merupakan salah satu karakter hero asli Indonesia, sudah menghuni Mobile Legends sejak lama. Dan, guna lebih memeriahkan Piala Presiden Esports 2019, Giring sampaikan kerjasama dengan Moonton untuk membagikan 100 skin Gatotkaca Spark (logo eksklusif Piala Presiden Esports 2019) untuk para pengunjung yang hadir di acara tersebut. Caranya seperti apa? Masih belum dibocorkan, namun kamu akan tahu saat hadir di GBK nanti.

Tentu kamu jangan menyia-nyiakan kesempatan ini, karena skin Gatotkaca Spark hanya akan dijual dan dibagikan selama Piala Presiden Esports 2019 berlangsung. Jika ingin dapat gratisan segera pesan tiket dan hadir ke GBK! Pembelian skin ini masih bisa kamu lakukan via partner resmi MLBB dan Moonton, hanya saja dalam periode waktu terbatas ya!

COMMUNITY GATHERING

Selain area utama sebagai tempat bertanding dan menonton, terdapat juga lokasi lain yang dirancang sedemikian rupa untuk mempertemukan fans esports dan gamer dari berbagai penjuru. Ini jadi sajian yang lebih melibatkan banyak komunitas gamer, mulai dari Cosplay Competition, komunitas LINE Get Rich, Pro Evolution Soccer (PES), Pokemon GO, Republic Games & Collections Indonesia.

Jumpa fans dari beberapa tim dan penjualan official merchandise dari Piala Presiden Esports, serta beberapa tim esports juga tergabung di area ini. Kabarnya, tim yang sudah melakukan konfirmasi akan membuka booth antara lain adalah RRQ dan EVOS Esports.

MILLENIALS FEST

Tak hanya fans esports yang dimanjakan, developer lokal juga miliki area tersendiri untuk berkumpul. Ini bisa jadi ajang untuk belajar tentang berbagai kearifan lokal di industri game, sarana berkenalan, yang bisa dimanfaatkan para gamer atau fans esports di lokasi. Langkah inisiatif dari BEKRAF yang mendukung dan mewadahi kreativitas anak-anak muda Indonesia untuk bisa maju sekaligus memperkenalkan diri.

PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019, CASHLESS!

Buat kamu yang sudah mempersiapkan uang banyak untuk berbelanja, beli makanan, atau sekedar jaga-jaga saat menonton Piala Presiden Esports 2019 nanti, sebaiknya pikir-pikir lagi. Pasalnya semua sistem pembayaran tidak menerima uang tunai. Bermitra dengan Sakuku, tentunya segala macam pembayaran di area Piala Presiden Esports 2019 hanya bisa dilakukan dengan Kartu Debit BCA, Kartu Kredit BCA, ataupun produk dari Sakuku.

"Di dalam arena Piala Presiden Esports 2019, semuanya cashless. Hanya menerima Debit BCA, Kartu Kredit BCA, atau produk dari Sakuku, itu sebabnya ada booth BCA di area dekat tempat pembelian tiket masuk," ungkap Giring Ganesha.

"Area pertandingan dan tempat penonton kita buat clear dan tentu sangat dijaga kebersihannya, oleh karena itu makanan dan minuman akan dilarang masuk. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat Sakuku Food Fest di area terpisah yang kurang lebih terdapat 30 penjual makanan yang enak-enak banget, jadi kalian tidak usah khawatir," tambah Giring.

Bisa dibilang, Piala Presiden Esports 2019 jadi sebuah perhelatan yang begitu lengkap dan sangat baik untuk memperkenalkan esports kepada masyarakat umum. Jika berjalan dengan lancar, tentu akan membawa dampak positif bagi fans esports dan juga masyarakat luas di Indonesia.

Bagaimana menurut sobat esports, kamu nonton di lokasi, live streaming, atau dari TV di rumah?