Esports.ID

Tak Lagi Sangar, Bagaimana Build Ideal Harith Saat Ini?

Rendy Lim
30/04/2019 12:00 WIB
Tak Lagi Sangar, Bagaimana Build Ideal Harith Saat Ini?
Harith Mobile Legends

Harith yang terkena nerf pada update lalu memberikan dampak yang besar terhadap posisinya sebagai hero meta dalam scene kompetitif. Dahulu, Harith merupakan hero langganan yang akan bertengger di kolom banned hero ranked match. 

Sayangnya, pada update teranyar, Harith mendapatkan nerf yang cukup signifikan dari Moonton. Meski ada tambahan damage untuk skill pertamanya, namun efek immobilized hero pada skill ultimatenya, Zaman Force kini menghilang. Sehingga hero ini kehilangan combo yang bisa menghabisi lawan secara cepat. Dulu, saat lawan masuk ke area Zaman Force, Harith bisa melakukan spam skill keduanya untuk menghabiskan musuhnya tanpa ampun. 

Perubahan ini memaksa para user Harith untuk memikirkan strategi baru agar tetap bisa bersaing di ranked match. Keunggulan Harith masih bisa kamu temukan saat ini ada pada magic damage-nya yang tergolong besar dengan cooldown singkat. Agar bisa lebih memaksimalkan sisi positif tersebut, kamu bisa menggunakan Harith dengan komposisi build yakni antara meningkatkan chance dari critical damage, atau membangun build item full magical damage untuk Harith.

Terkait emblem, pastikan kamu telah memaksimalkan cooldown reduction untuk hero ini dengan memilih Mastery. Selain itu, skill Mystery Shop akan sangat membantu mempercepat Harith mendapatkan item yang diperlukan. Sedangkan untuk talent, kamu bisa memilih antara Aegis demi mendapatkan ekstra pertahanan dalam teamfight, atau Purify bila ingin menghindari efek cc dari hero musuh. 

Build item pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan Berserker's Fury untuk memberikan critical damage. Namun, 25% crit chance belumlah cukup untuk menjamin critical damage. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan Scarlet Phantom yang menambahkan crit chance 25% dan meningkatkan kesempatanmu mendapatkan damage tinggi sekaligus menghabiskan lawan lebih cepat. 


Selain build critical, kamu juga bisa mencoba build full magic damage dengan efek reduce ultimate cooldown, gunakan item-item seperti Fleeting Time, Holy Crystal, dan Blood Wings. Fleeting Time memberikan reduce 35% ultimate cooldown saat mendapatkan kill atau assist hero, sedangkan Holy Crystal dan Blood Wings merupakan item magic damage yang akan sangat membantu dalam menyumbang damage Harith di late game.

Pro dan kontra hadir dari inkonsistensi damage yang diberikan oleh build tipe critical Harith. Tentunya kamu sebagai player pasti pernah merasakan saat di mana critical damage tidak keluar pada momen-momen yang sangat diperlukan. Hal ini membuat konsistensi damage dari full magic build bisa dikatakan unggul saat dihadapakan dengan late game dengan kepastian untuk membunuh hero sangat diperlukan dibanding hanya bertaruh pada critical chance.

Pilihan akhirnya dijatuhkan kepada gameplay kamu sendiri. Bisa saja memanfaatkan crit chance dari item seperti Berserker's Fury dan Scarlet Phantom di mid game untuk menghabiskan marksman musuh dengan cepat. Namun mencapai late game, strategi tersebut bisa kamu ubah dengan memaksimalkan output magic damage dan mengganti item build dari Harith agar dapat lebih menyesuaikan kondisi.

Harith memang kehilangan combo mematikan dari efek immobilized yang diberikan oleh Zaman Force. Memang tidak seefektif sebelumnya, namun kelincahan Harith masih bisa kamu rasakan untuk menghabiskan musuh dengan cepat dengan dua pilihan build di atas. 

Bagaimana sobat esports, apakah kamu masih menggunakan Harith di ranked match? Build seperti apa yang kamu pilih untuk Harith?