IESF

Asah Peran Midlane di Mobile Legends via Rotasi ala Tank

Billy
13/05/2019 12:33 WIB
Asah Peran Midlane di Mobile Legends via Rotasi ala Tank
Esports.ID

Dalam Mobile Legends, ada istilah laning untuk tiap hero tergantung fungsi dan prioritasnya. Seperti contoh  midlane yang biasa diisi oleh mage, namun terkadang marksman dan assassin mampu pula perankan tugas ini.

Sebagai pemain midlane, kamu harus memahami cara melakukan rotasi, baik itu yang berfungsi menyerang maupun memberikan bantuan. Ada pula tujuan lain yakni mengamankan sumber daya jungle sendiri dan mencuri bagian lawan bila memungkinkan.

Sayangnya, tidak semua pemain midlane mengerti cara melakukan rotasi, apalagi di level pemula. Nah, cara terbaik untuk mempelajari rotasi adalah memainkan hero tank. Kok bisa? Biar ga bingung, berikut adalah penjabaran mengenai alasan mengapa bermain tank mampu membuatmu jadi midlaner lebih baik!

- Fokus Membantu Tanpa Butuh Farm

Ketika menjadi mage, kamu harus memikirkan cara untuk memperoleh gold dan xp secepat mungkin. Harus rajin farm, membunuh musuh, dan menciptakan momentum untuk meruntuhkan turret guna item lebih baik.

Namun, banyak pemain entry level yang hanya menerapkan satu aspek dari menjadi midlaner, misalnya fokus pada kill saja atau terlalu lama farming.

Agar permainanmu seimbang, latihan menjadi tank bisa membantumu memperkuat aspek rotasi karena bisa alihkan prioritas farm dengan kewaspadaan map.

Tank harus sigap bergerak dari lane ke lane untuk membantu lawan yang diserang maupun cari kesempatan menghancurkan turret. Dengan daya tahan yang lebih kuat ketimbang mage, kamu akan dimaklumi untuk melakukan kesalahan dengan maju paling depan, membuka penglihatan, dan menyerap serangan lawan sebisa mungkin. Hal ini juga melatihmu dalam memperhitungkan besaran damage musuh musuh bila mengenai tank.

- Memahami Pergerakan Lawan

Bermain tank, maka kamu punya tugas utama melindungi midlaner melakukan farm serta berotasi. Dengan terus-menerus melakukan skema yang sama, kamu jadi memahami pakem pergerakan teman satu tim dan menerapkan kebiasaan tersebut jadi sergapan saat menciduk lawan.

Bahkan tanpa melihat minimap sekalipun, bila kamu telah cukup fasih menjalani peran seorang tank, maka kamu bisa tahu kemungkinan pergerakan lawan dan mengantisipasinya.

Untungnya bagi seorang mage, mengetahui posisi midlaner lawan cukup penting untuk menentukan langkah strategis. Apakah kamu mau menghindari hero yang lebih kuat di awal, mencuri jungle tertentu, atau menyerang lane yang tertinggal jauh dari bala bantuan?

Itu semua bisa kamu pelajari dengan menjadi seorang tank lebih dulu.

- Melatih Penempatan Posisi dan Menghindari Inisiasi

Ketika menjadi tank, kamu wajib menyerang terdepan dan mengincar target utama seperti mage, marksman, atau assassin lawan. Apapun yang menghadang, kamu harus bisa mendaratkan disable ke arah musuh dan memberi ruang bagi temanmu untuk membersihkan sisanya. 

Nah, mempelajari cara bergerak tank akan membantumu dalam situasi menjadi mage agar menjaga jarak aman. Dengan menganalisa situasi apakah tank lawan sudah keluarkan jurusnya kepada orang lain, sehingga kamu bisa maju leluasa melepas serangan. Kamu juga bisa kuasai cara mengeksploitasi rekan tankmu agar membentengi diri dari crowd control mematikan.

Itu dia beberapa kegunaan belajar jadi tank agar pemahaman role midlane nantinya bisa lebih sakti! Dengan lebih banyak tahu tentang role lain, maka kamu akan lebih waspada dan mengambil keputusan lebih baik. Kira-kira, manfaat apalagi yang bisa kamu dapat ketika bermain sebagai tank?