Esports.ID

E-Project Moonton, Jalur Resmi Adakan Turnamen Mobile Legends

Rendy Lim
13/05/2019 14:14 WIB
E-Project Moonton, Jalur Resmi Adakan Turnamen Mobile Legends
Moonton E-Project

Kepopuleran Mobile Legends di seluruh lapisan masyarakat Indonesia memang tak dipungkiri. Hadirnya beragam event dan turnamen yang ditujukan kepada berbagai level pemain juga semakin membangkitkan rasa kompetitif para pemain Mobile Legends

Tidak hanya ditujukan untuk hiburan, turnamen bisa menjadi ajang unjuk bakat dan meningkatkan performa para pesertanya. Sayangnya, kebanyakan kompetisi yang diadakan tersebut tidak dikelola secara professional dan juga tidak mengantongi izin resmi dari developer Moonton. Hal-hal seperti ini tidak hanya merugikan kamu sebagai peserta yang sudah bersusah payah latihan, namun juga Moonton sebagai pemilik gim ini.

Terutama di saat-saat manakala turnamen besar seperti Mobile Legends Pro League baru selesai, kesempatan untuk event organizer independen mengadakan turnamen sendiri semakin besar. Guna hindari permasalahan yang mungkin terjadi saat pengadaan turnamen Mobile Legends dari pihak luar, Esports Manager Moonton Indonesia, Lius Andre mengajak para penyelenggara turnamen untuk berpartisipasi dalam E-Project.

Dalam 'curhatannya' melalui instagram stories-nya, Lius Andre menyatakan bahwa setiap pihak yang ingin menyelenggarakan turnamen Mobile Legends harus terlebih dahulu meminta izin kepada Moonton. Apalagi jika mereka mengundang tim atau player professional. Mengapa demikian? Karena ada kemungkinan terjadi bentrok jadwal antara event yang diselenggarakan oleh Moonton dengan turnamen lainnya.

Hal ini juga akan mengakibatkan tim yang berpartisipasi dalam kedua turnamen tersebut jadi bingung event mana harus diprioritaskan. Selain mengacaukan jalannya turnamen, kompetisi yang tidak resmi juga dianggap pelanggaran hak kekayaan intelektual dari Mobile Legends, yang seharusnya hanya dimiliki oleh Moonton

Sumber: IG Story Lius Andre

Padahal, melaporkan turnamen yang ingin diadakan kepada Moonton tidak akan membuat kamu harus 'membayar' untuk mengadakan kompetisi. Melalui E-Project, atau Esports for Everyone Project, Moonton tidak hanya mengratiskan para event organizer untuk mengadakan turnamen Mobile Legends, namun berpeluang mendapatkan support untuk event dari para organizer independen tersebut. 

Bentuk dukungan apa saja yang bisa kamu dapatkan? Mulai dari exposure gratis di media sosial Mobile Legends, hadiah diamond bagi para pemenang, akses untuk menggunakan tournament mode, hingga redeem codes yang bisa diberikan sebagai hadiah giveaway kepada para penonton.

Sumber: IG Story Lius Andre

Namun, beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk bisa mendapat dukungan dari E-Project,  antara lain adalah jadwal turnamen yang tidak bentrok dengan event resmi Moonton. Tidak diperkenankan menggunakan sistem liga, namun hanya boleh sistem gugur. Terakhir, tidak mengundang tim atau pemain pro jika event tersebut bentrok dengan jadwal MPL-ID yang sedang berlangsung.

Sumber: IG Story Lius Andre

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan dukungan dari Moonton, susun proposal event dengan rapi, jelas, dan padat. Kemudian kirim via email ke: [email protected], dengan subjek MLBB Esports for Everyone. Yuk, sobat esports, jangan mengadakan turnamen 'ilegal' yang berujung mendapatkan "surat sakti" dari Moonton!