Esports.ID

Hobi Keliling? Ini Tugas & Item Roamer di Mobile Legends

Rendy Lim
11/06/2019 14:36 WIB
Hobi Keliling? Ini Tugas & Item Roamer di Mobile Legends
Mobile Legends

Apakah kamu merasa sering diciduk oleh musuh saat bermain Mobile Legends? Bosan dengan tim egois yang hanya fokus farming tanpa mau mencari tahu posisi musuh? Akhirnya, Moonton pun seakan memahami perasaanmu dan memberikan jawaban dalam update terbarunya via advance server

Sejak awal bulan ini, Moonton menambahkan role dan tab item baru untuk Mobile Legends di advance server, yakni roamer/roaming. Sekilas role ini tidak akan asing terdengar bagi kamu yang aktif bermain gim MOBA tetangga juga. Karena secara garis besarnya, fungsi dari role roamer ini mirip dengan role observer yang ada di Arena of Valor.

Saat ini ada 5 item yang dirilis khusus oleh Moonton untuk roamer, yakni Wooden Mask, Iron Mask, Courage Mask, Shadow Mask, dan Awe Mask. Meskipun masing-masing item memiliki efek berbeda, namun kamu akan menemukan dua skill pasif yang sama pada kelima item ini yaitu Devotion dan Thriving. Skill Devotion akan memberikan 2 gold dan exp setiap 4 detik, namun efek ini tidak akan aktif bila ada pemain lain yang berada di dekatmu. Sementara itu, Thriving akan memberikan tambahan 15 gold dan exp setiap 4 detik jika ranking gold dan exp-mu di peringkat paling bawah, ekstra 50% gold dan exp juga akan kamu terima setiap kali melakukan assist. 

Item khusus serupa juga bisa kamu temukan di Arena of Valor sebut saja Essence of the Wind, Tidecaller's Mask, Ring of the Fiend, dan Purifying Braces. Fungsinya sama yakni memaksimalkan potensi dari sebuah hero untuk membantu setiap lane dan mencari tahu posisi musuh, sembari membuatnya tidak terlalu ketinggalan dalam segi gold dan exp dari anggota tim lainnya. 

Tugas mulia yang dipikul oleh seorang roamer tidaklah sedikit. Mereka harus sigap untuk memantau pergerakan hero-hero penting musuh, mengganggu musuh yang sedang mengambil buff, mencari informasi posisi hero musuh, bahkan menjadi babysitter untuk rekan timmu. Ketimbang hanya memperkirakan posisi dan pergerakan musuh, tentu akan lebih baik jika kita dapat mengirim satu orang untuk memastikannya bukan? Sehingga player lain di timmu dapat mengambil objective dengan tenang. 

Sebelum adanya role khusus ini, beberapa pemain pasti sudah menerapkan sistem roaming terlebih dahulu, biasanya hero tank atau fighter ditugaskan untuk melacak posisi musuh sebelum mereka menyerang sebuah objective. Namun dengan kehadiran item khusus untuk para roamer, hero-hero yang ketinggalan dalam segi gold dan exp bisa sedikit lebih tenang dan setidaknya bisa mengimbangi musuhnya seiring berjalannya gim tersebut.

Tentunya untuk memaksimalkan potensi role baru ini, Moonton akan merilis hero khusus di role roamer serta melakukan update bagi hero-hero yang sudah ada dan dapat berperan sebagai roamer

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, menurutmu hero mana saja yang sudah ada saat ini dan cocok untuk memikul role roamer?