First Warriors

Hai Gamer ML! Punya Skin Lebih Penting daripada Skill, Betul?

Billy
11/07/2019 13:51 WIB
Hai Gamer ML! Punya Skin Lebih Penting daripada Skill, Betul?
Esports.ID

Sebagai pemanis dan pembeda tampilan, sebuah gim seperti Mobile Legends sudah lazim menyematkan fitur modifiikasi karakter seperti skin khusus untuk tiap hero.

Skin hanya berfungsi mengubah penampilan hero tertentu menjadi lebih keren, bahkan ada efek-efek khusus untuk skin yang premium atau lebih mahal.

Memiliki skin adalah bentuk kebanggaan pemain dalam suatu gim. Bila memiliki opsi kosmetik yang banyak, pemain tersebut langsung dianggap sultan atau orang berduit. Tapi ada juga yang akan beranggapan bahwa gamer bermodal skin tidak punya skill. Benarkah begitu?

Nyatanya, bila saat ini kamu ada di rank Epic dan bertemu lawan atau kawan sultan di level yang sama, kamu tidak bisa menghakimi bahwa skill mereka ada dibawahmu. Tokh, rank kalian berdua kan sama artinya punya kemampuan tidak jauh berbeda.

Semakin meningkat rank kamu, orang-orang yang memiliki skin pun tetap ada namun cara memperoleh mereka berbeda-beda. Ada yang karena skillnya hebat lalu mendapat dukungan dari stream sehingga bisa membeli skin bagus. Ada pula yang dikirim oleh fans setianya atau membeli pakai duit sendiri demi tampilan yang diinginkan.

Secara psikologis, keinginan untuk memamerkan barang mewah seperti skin mahal termasuk dalam upaya mereka mencari pengakuan. Bisa jadi secara permainan mereka kurang mumpuni, sehingga ingin dingat oleh teman party ataupun lawannya sebagai orang dengan skin mahal. Dengan begitu mungkin dia bisa mendapat perhatian lebih.

Skin juga jadi pembeda bagi orang kalau mereka bukan bocil. Sederhananya, anak kecil tidak mampu membeli skin yang mahal karena belum berpenghasilan. Walau ada saja anak kecil betulan yang difasilitasi orang tua.

Kalau soal skill, tingkat kemampuan relatif berbeda tiap orang. Mungkin kamu bisa sehebat permain pro dengan latihan dan ketekunan, tapi butuh waktu lama sampai bisa taraf itu. Skill bisa diasah dengan waktu, sehingga makin sering main, lantas akan semakin tangguh. Tapi skin? Tidak akan bisa kamu dapatkan tanpa diamonds dan duit. 

Untungnya Moonton suka bikin event terbatas berhadiah skin. Bayangkan kalau tidak ada, masa main ML bertahun-tahun skinnya masih polosan atau gratisan (trialhehe..

Jadi, lebih penting skin atau skill, Sobat Esports?