Esports.ID

Sumbangsih Besar Mobile Legends Bagi YouTuber Gaming di Indonesia

Billy
26/09/2019 15:13 WIB
Sumbangsih Besar Mobile Legends Bagi YouTuber Gaming di Indonesia
youtube

Sebagai penyambung rasa dan lahan apresiasi publik, peran YouTube dalam perkembangan esports dan aktivitas gaming di Indonesia bisa dibilang sangat krusial. Indonesia adalah negara dengan jumlah penonton konten esports terbesar kedua di dunia, sehingga "buka YouTube" jadi ritual wajib bagi mayoritas muda-muda bangsa ini.

Namun, bila dirunut lebih jauh ke belakang, sebelum kehadiran Mobile Legends yang tak bisa dipungkiri telah memberikan sumbangsih besar dalam menggairahkan esports dan jadi buah bibir masyarakat, kebanyakan tontonan YouTube kreasi kalangan gamer Indonesia lebih dominan oleh penggiat Minecraft. Apa yang ubah tren tersebut?

Salah satu akun YouTube bernama Lucu Lucu Gaming menyajikan chart tentang perjalanan subscribers dari para YouTuber Gaming Indonesia dari tahun 2017 sampai periode Agustus 2019.


Berdasarkan video tersebut, meski Minecraft menjadi primadona kala itu, ada pula yang anti-mainstream seperti MiawAug. Dia lebih memilih game-game receh seperti tebak gambar atau temuan Play Store lainnya. Dirinya pun merambah sesi review peripheral untuk memperkaya segmentasi viewer-nya.

Konsep tersebut cukup berhasil mempertahankan namanya sebagai salah satu YouTuber Gaming populer di Indonesia, sampai munculnya pesaing baru dari si Gamerz Ganteng, Reza "Arap" Oktovian. Pembawaan ceplas-ceplos yang jadi ciri khasnya menjadikan konten gaming Arap sebagai refleksi jiwa viewer muda saat itu. Tak ayal kanal miliknya dibanjiri subscribers dalam waktu singkat.

Disebutkan pula, saingan lain dari Arap dan MiawAug saat itu adalah Erpan1140 dan Zenmatho yang memfokuskan spesialisasinya pada Minecraft. Keempat Youtuber Gaming tersebut tak terjangkau oleh pembuat konten lain. Sampai...

Kick-Off MPL, Jalan Masuk JessNoLimit Jadi 'Tuhan' YouTube

Butuh penetrasi sekitar 1-2 tahun bagi Mobile Legends untuk menjadikan titelnya sebagai ladang adsense bagi para YouTuber Gaming. Faktanya, baru setelah turnamen Mobile Legends secara resmi terealisasi, akhirnya banyak anak muda menyadari kalau gim ini adalah terobosan nyata meniti karir sebagai atlet gim profesional.

Tak cuma itu, kebutuhan orang-orang akan asupan Mobile Legends tiap hari membuat banyak streamer berkembang-biak sampai tumpah-ruah. Salah satu Youtuber Gaming yang mencapai peringkat top ten dengan konten utama Mobile Legends sejak awal adalah Michael Souw. Disusul kehadiran sosok Dyland PROS dan JessNoLimit yang menggandeng reputasi sebagai pemain profesional, peserta MPL, plus top global kala itu.

Popularitas mereka menanjak tak terbendung. Periode tanggal 24 Desember 2017 sampai 4 Maret 2018, atau sekitar 2 bulan saja bagi JessNoLimit untuk melampaui jumlah subscribers dari Arap, Erpan1140 dan MiawAug (*Arap mendonasikan channelnya kepada yayasan kanker anak). Dinamika kembali mencuat dengan hadirnya banyak YouTuber Mobile Legends baru seperti Oura Gaming dan Team RRQ yang menembus 10 besar kanal gaming YouTube terpopuler di Indonesia. Dampaknya, beberapa streamer lain tak ingin ketinggalan momen dan beralih jadi anak ML. Contohnya Afif Yulistian yang sebelumnya berkecimpung di dunia Minecraft.

Pergerakan Jess seakan di luar nalar dan melampaui pertumbuhan YouTuber lainnya. Hingga bulan Mei di tahun yang sama, Jess sudah torehkan subscriber 2 jutaan orang. Tambah dua bulan lagi, dia kantongi tiga juta pelanggan setia di YouTube.

Rentang Popularitas yang Bergeser

Namun, JessNoLimit pun tak selamanya di atas garis popularitas YouTube, bersama Mobile Legends. Karena, begitu memasuki akhir 2018 atau awal 2019, laju Jess melambat. Dia mulai padu-padankan konten dengan vlog atau kolaborasi dengan YouTuber lain untuk membuat kanal miliknya lebih menarik. Beberapa pesaing Jess seperti MiawAug dan Dyland PROS menemukan sela untuk menjangkau segmen penonton lain.

MiawAug tetap setia dengan berbagai review game, termasuk genre horor yang paling digemarinya. Beda lagi dengan Dyland PROS yang melebarkan sayap sebagai sang sultan di gim battle royale mobile Free Fire.


Variasi Gim Esports Populer di Indonesia, Memecah Dominasi Mobile Legends. Source: Hybrid.co.id

Kimi Hime sempat menusuk ke dalam top ten, namun "konsistensinya" menjual cara berpakaian sembari main gim tak cukup melanggenggkan jumlah subscribernya di atas para streamer kaum Adam, sampai akhirnya tersenggol oleh Patrick si Johnson player.

Kini, MiawAug mampu mengkudeta jumlah subscribers yang sebelumnya masih dipimpin JessNoLimit, per bulan Agustus dengan 6,71 juta subs, berbanding 6.32 subs milik JessNoLimit.

Memang tak bisa dipungkiri Mobile Legends banyak penggemarnya, namun saat ini dengan banyaknya variasi titel gim esports baru dan lebih banyak tontonan menarik untuk dinikmati penggemar esports. Ngaku deh dulu kalian pasti anak ML juga kan, Sobat Esports?