Esports.ID

Klarifikasi Pelatih Timnas ML Soal ONIC Esports & Postingan Donkey

Billy
17/09/2019 14:14 WIB
Klarifikasi Pelatih Timnas ML Soal ONIC Esports & Postingan Donkey

Stabilitas tim nasional Mobile Legends Indonesia untuk SEA Games 2019 sedang terguncang. Penyebabnya adalah rumor kalau pelatih timnas Jeremy "Tibold" Yulianto merangkap jabatan jadi pelatih ONIC Esports.

Rumor tersebut makin menguat acap kali Tibold tertangkap kamera berada di kursi pendukung ONIC, khususnya saat event MPL Season 4 bergulir. Loh, emangnya boleh pelatih timnas jadi pelatih tim juga? Berdasarkan statement dari Erick Herlangga saat live di Instagram menjawab gunjang-ganjing polemik tersebut, sebagai wakil ketua IESPA, dirinya menyatakan pelatih timnas TIDAK BOLEH rangkap jabatan menjadi pelatih klub atau tim esports.


source: lambe_moba

Hal ini dilakukan oleh Pak Bos Erick guna menjernihkan problema yang menerpa Tibold. Dia pun mengaku belum tahu kejelasan mengenai rumor ini, namun akan mendiskusikannya lebih dulu dengan yang terkait. Rencananya, hari ini (17/9), Tibold menghadapi sidang dengan direksi IESPA.

Tibold telah mengklarifikasi dengan berbagai cara, salah satunya melalui sesi QnA di Instagram-nya. Beberapa pertanyaan yang diajukan netizen dijawab sebisa mungkin, terkait apa yang terjadi dan apakah line-up timnas berubah.

Tibold mengaku tak tahu apa yang sebenarnya menyeruak ke publik. Dia merasa komunitas MLBB Indonesia telah termakan rumor tak benar sehingga situasi jadi panas. Dia pun menegaskan pada salah satu  story Instagramnya kalau posisinya saat ini masih sebagai pelatih timnas Indonesia.


source: lambe_moba

Sementara mengenai rumor pergantian pemain timnas ML, Tibold meyakini bahwa tujuh pemain yang diangkut nanti tak berubah yakni Oura, Donkey, Wann, Rekt, Psychoo, Drian, dan Antimage.

Rumor ini muncul akibat postingan dari salah satu pemain klub esports nasional yang juga jadi bagian dari timnas yakni Donkey. Postingan tersebut saat ini sudah di-takedown oleh yang bersangkutan namun tangkapan layarnya sudah terlanjur terbit di @lambe_moba. Unggahan Donkey inilah yang jadi pemicu sesuatu telah terjadi di timnas ML Indonesia dan akhirnya berbuntut panjang.


source: lambe_moba

Tibold telah memberikan sedikit pencerahan mengenai polemik yang mungkin terjadi, yakni seputar pemain titipan atau kemungkinan pemain timnas masih bisa diganti. Ternyata pemain hanya bisa diganti kalau tidak menyetujui beberapa persyaratan dari pihak pemerintah. Tibold pun berargumen tak mungkin mengganti sepihak pemain timnas karena ia sendiri yang telah menyeleksi mereka. Lain cerita kalau sang pemain enggan menyetujui peraturan pemerintah, maka dari itu harus dipilihkan pemain lain yang bersedia.


source: @jeremyyulianto

Lalu, mengenai posisinya di timnas, story yang lain mengkonfirmasi posisi dirinya saat ini masih di timnas Mobile Legends. Namun, apakah usai prosesi SEA Games 2019 rumor tersebut jadi nyata, tentu itu jadi cerita lain Sobat Esports.

Kita doakan saja semoga timnas bisa kompak dan menunjukkan yang terbaik di SEA Games nanti, mengingat Indonesia berpeluang besar merebut emas dengan materi pemain yang dimiliki.