Esports.ID

Donkey: "Esports Jepang Tidak Kelihatan, Kok Bisa!"

basittt
14/11/2019 18:39 WIB
Donkey: "Esports Jepang Tidak Kelihatan, Kok Bisa!"
Donkey saat diwawancarai Esports.ID

EVOS Legends yang jalani pertandingan di Grup D Mobile Legends World Championship 2019 (M1), hari ini (14/11), akhirnya bisa bernapas lega karena mampu lolos ke babak playoff setelah dapatkan 3 kali kemenangan baik melawan Onic PH (Filipina), Deus Vult (Rusia) ataupun 10s Gaming Plus (Jepang). Mampu menang mudah di pertandingan pertama dan kedua, saat melangsungkan pertandingan ketiga melawan 10s Gaming Plus, EVOS Legends justru rasakan sedikit kejutan dari tim tersebut. Bagaimana pendapat Donkey menyikapi ketiga pertandingan EVOS Legends hari ini?

"Kami sangat senang dengan kemenangan ini, karena kami tidak yakin akan menang dengan mudah seperti ini. Memang saat bertemu dengan 10s Gaming Plus dari Jepang, ga nyangka aja sih. Kok bisa tim Jepang main seperti itu ya, padahal esports di sana belom terlalu kelihatan tapi kok bisa jago banget," Donkey meledak-ledak menjelaskan.

Memang 10s Gaming Plus yang diperkuat Obuyan, Tomebo, Surei, Pappa, Tokata dan Kozu sejauh ini mampu berikan kejutan di Grup D karena usung meta berbeda yang mereka gunakan kala bertanding. Berkat adanya pilihan hero yang tidak lazim, seperti kombinasi Rafaela dengan Harith, serta beberapa kombinasi lainnya, buat 10s Gaming Plus punya strategi lebih luas yang tidak hanya mengandalkan hero meta. Saat hero andalan mereka terkena ban, mereka bisa kembali gunakan strategi dari hero yang meta. Cerdik sekali bukan?

Donkey, yang sudah cukup lama berkiprah di EVOS Legends ini pun berpendapat bahwa permainan 10s Gaming Plus bisa sehebat ini karena memang sudah bakat mereka sejak lahir. Apalagi boleh dikatakan, orang-orang Jepang itu termasuk pribadi yang pintar dan juga disiplin karena terbawa dari kebudayaan mereka sejak masa kecil.

Saat ditanya tentang tim yang kuat di M1, Donkey bertutur, "Tim selain Jepang yang kuat, saya rasa semua tim termasuk kuat-kuat juga sih. Kayak tadi yang sudah kita lawan Deus Vult (Rusia) & Onic PH (Filipina) atau Burmese Ghouls (Myanmar), pokoknya semua kuat kok."

Memang pertandingan melawan 10s Gaming Plus cukup membuat tegang area Group Stage. EVOS Legends kecolongan 1 angka atas Jepang di pertandingan pertama. Untungnya, Donkey dan tim punya cara sendiri untuk tetap bisa tenang dan mengembalikan momen pertandingan. "Kalo dari kita sih, agar tetap bisa tenang saat melawan musuh itu ya dibutuhkan keterlibatan semua anggota tim juga sih. Jadi kayak kalo lagi panik gitu harus ada yang nenangin, karena kalau tidak ada ya bisa kemana-mana pasti arahnya," papar Donkey.

Perihal ucapan pertama kali saat diwawancara dengan Moonton pagi tadi, Donkey memberitahukan bahwa itu untuk seluruh fans yang sering menonton dirinya di YouTube saat Live Streaming. Pasalnya Janc*k Kabeh yang dimaksud adalah untuk para fans yang sering menyebut diri mereka pasukan babi.

Sangat menarik ya ngobrol dengan Donkey!