Esports.ID

5 Fighter & Tank Populer di MLBB World Championship

Rendy Lim
28/11/2019 12:32 WIB
5 Fighter & Tank Populer di MLBB World Championship
Saat M1, Ini Kriteria Penting Bagi Pro Player Memilih Fighter dan Tank!

Mobile Legends World Championship 2019 (M1) memang telah berakhir, namun banyak ilmu baru yang bisa kita pelajari dari keseluruhan matchnya. Sejak babak group stage hingga playoff, banyak pertandingan yang beri pelajaran berarti dalam meningkatkan kemampuan bermain serta penguasaan hero-hero tertentu.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas lima hero fighter serta tank yang menjadi favorit tim-tim peserta  M1. Pasalnya, jika hero-hero ini tidak kena ban oleh salah satu tim maka kemungkinan besar akan segera diamankan dalam first pick. Siapa saja mereka dan apa yang membuat mereka spesial? Yuk, kita teliti bersama!

  • X-Borg

Fighter yang masih tergolong baru ini memang sangat populer di kalangan pro player. Tidak heran makanya bilamana X-Borg terlepas dalam fase banned, hero ini kemungkinan besar akan langsung diambil oleh tim yang mendapatkan first pick. Skill pertamanya, Fire Missiles memiliki cooldown yang cukup singkat membuat X-Borg akan terlihat sering melakukan spam untuk melakukan clear wave creep, ataupun melukai hero musuh.

Seringkali dilengkapi dengan battle spell Arrival, tak heran jika X-Borg bisa dengan cepat datang ke teamfight saat timnya membutuhkan bantuan, melepaskan Last Insanity untuk memberikan damage massive yang kerap kali langsung membunuh hero-hero tipis.

  • Masha

Jika kamu melihat tim yang melakukan pick Masha, besar kemungkinan mereka akan melakukan strategi split push untuk match tersebut. Tak dipungkiri bahwa Masha memiliki movement dan attack speed yang sangat cepat, membuatnya tak hanya mudah kabur dari kejaran musuh, namun juga mencuri monster jungle, hingga memotong wave creep.

Tidak hanya berguna untuk split push, Masha juga menakutkan jika dirinya berpartisipasi dalam teamfight. Kombinasi attack speed dan physical damagenya membuat hero ini mudah untuk mencabik-cabik mage atau marksman lawan, hingga membuat tank dan fighter kewalahan menahan damagenya.

  • Hylos

Bagi kamu yang jarang mengikuti scene kompetitif mungkin akan sedikit terkejut melihat seringnya Hylos di-banned atau menjadi sasaran first pick dalam Mobile Legends World Championship 2019 (M1). Setelah buff yang didapatkannya dalam beberapa update silam, Hylos saat ini merupakan tank yang sangat tebal. Tak jarang kamu akan melihat hero ini melakukan charge untuk membuka teamfight tanpa takut kehabisan HP di tengah pertandingan. 

Dilengkapi dengan skill stun hingga ultimatenya Glorious Pathway membuat Hylos menjadi tank yang dapat memberikan bantuan dalam segala kondisi teamfight. Mulai dari menyediakan bantuan untuk mengejar musuh yang berusaha kabur, maupun membuka jalur bagi anggota tim yang sekarat. 

  • Baxia

Meski tergolong tank baru di regular server, Baxia memiliki keunikan sendiri yang membuatnya sering dipilih dalam match kompetitif. Selain pengurangan damage dan regen dari skill pasifnya, Baxia Mark, hero ini juga kerap kali digunakan untuk scouting dengan mengaktifkan skill pertamanya Baxia-Shield Unity. Baxia juga bisa menggunakan skill tersebut untuk membuka teamfight jika berhasil menemukan musuhnya yang lengah. 

Setelah itu, memakai skill ultimatenya Tortoise's Puissance saat teamfight berlangsung akan memberikan keuntungan yang besar. KarenaBaxia tidak hanya dapat memberikan partisipasi damage AoE yang tidak sedikit, selama ultimatenya aktif, damage reduction dari Baxia Mark akan meningkat hingga 75%, menjadikannya kuat untuk menerima serangan dari musuh. 

  • Khufra

Khufra dilengkapi dengan banyak  sekali skill crowd control yang membuatnya sering dipilih dalam berbagai match M1, terutama untuk menghadapi hero musuh yang memiliki pergerakan lincah. Kamu akan sering melihat Khufra bersembunyi dan membuka teamfight dengan skill pertamanya Tyrant's Revenge, mengincar core hero musuh untuk mengacaukan positioning mereka. 

Skill ultimatenya, Tyrant's Rage akan menjadi senjata utama Khufra untuk memberikan kesempatan timnya menghabisi hero-hero musuh berkat efek slow hingga stun yang diakibatkan oleh skill ini. Secara keseluruhan, Khufra dapat menjadi counter untuk hero-hero gesit seperti Gusion dan Harith. 

Tidak hanya kelima hero di atas, ada beberapa fighter dan tank yang juga menjadi pilihan favorit beberapa tim, ataupun dalam kondisi tertentu. Misalnya seperti Gatot Kaca yang tampak cukup sering dipilih oleh tim Jepang, 10s Gaming Plus, hingga Terizla milik Lemon RRQ Hoshi untuk mengisi posisi sidelane. Kaja dan Badang juga beberapa kali terlihat di-pick untuk menculik hero core musuh serta pembuka teamfight. 

Selain dapat menjadi referensi gaya permainanmu saat bermain ranked match, hero-hero dalam list ini bisa kamu pelajari secara bertahap untuk menambah pool fighter/tank sehingga memiliki counter yang pas untuk komposisi musuh. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, adakah Fighter/Tank favorit kamu dalam list ini?