IES Ligagame

[MPL S5] Profil Tim EVOS, Masih Menggigit Keras Tanpa 'Taring' Oura?

Rendy Lim
05/02/2020 13:51 WIB
[MPL S5] Profil Tim EVOS, Masih Menggigit Keras Tanpa 'Taring' Oura?
Posisi Oura di roster utama MPL ID S5 akan digantikan oleh Vinss dari EVOS Academy

Tim berlogo harimau putih ini memiliki rekam jejak yang cukup menarik sepanjang empat season Mobile Legends Pro League Indonesia (MPL ID) berlangsung. Awalnya, mereka merupakan tim yang diunggulkan musim perdana MPL S1. Namun di babak grand final, EVOS terbungkam saat tumbang melawan tim kuda hitam NXL.

Keberuntungan juga masih belum berpihak kepada EVOS di MPL S2. Meski berhasil kembali mencapai babak grand final, namun sayang harus bertekuk lutut di hadapan rivalnya RRQ yang mengalahkan mereka dengan skor mutlak 3-0. Hasil terburuk EVOS tercatat di MPL S3, dimana selain performanya yang menurun di regular season, Oura dkk harus rela terdepak di hari pertama regular season. 

 Source: id-mpl.com

Semangat pantang menyerah EVOS dari kegagalan-kegagalan tersebut akhirnya berbuah manis. Puncaknya, pada MPL S4 lalu, EVOS akhirnya berhasil membawa pulang trofi MPL untuk pertama kalinya, dilanjutkan dengan memenangkan kompetisi MLBB tingkat dunia, M1 World Championship

Memiliki hasil terbaik di regular season MPL S4 dan tidak terkalahkan di babak playoff, mendominasi M1 World Championship, hingga menaklukkan rival El Classico nya RRQ dua kali di babak grand final, menobatkan EVOS sebagai tim MLBB terbaik musim itu. 

Namun, kabar kurang menyenangkan hadir menjelang pengumuman roster EVOS untuk MPL S5Eko “Oura” Julianto, sang MVP M1 World Championship dan salah satu pilar utama EVOS memutuskan untuk meninggalkan tim yang diperkuatnya sejak season pertama MPL. 

Kepergian sosok offlaner ini tentu akan memberikan dampak besar pada permainan EVOS. Kepiawaiannya menggunakan berbagai hero fighter seperti X.Borg, Badang, Masha, dan Thamus kerap kali menjadi juru kunci kemenangan EVOS saat pertandingan. Bagaimana strategi EVOS untuk menutup lubang yang ada di timnya sekarang ini? 

Source: YouTube EVOS TV

Bawa 'angin segar' dari EVOS Academy!

Roster utama EVOS untuk MPL masih diisi oleh empat pemain utamanya yakni Rekt, Luminaire, Wann, dan Donkey. Sementara, untuk mengisi slot yang ditinggalkan Oura, EVOS membawa empat pemain baru sekaligus. 

Tiga dari empat pemain baru tersebut merupakan lulusan dari EVOS Academy Mobile Legends yakni Bajan, Vinss, dan Rexxy. Satu pemain tersisa adalah Butsss yang sempat mencicipi ranah kompetitif Mobile Legends bersama tim Over Powered Indonesia (OPI) Gaming. Prestasi Butss adalah sukses menjuarai Mobile Legends Intercity Championship (MIC) 2019 di Bandung.

Berdasarkan penuturan dari manajer Mobile Legends EVOSRahardian Mada Kertoyoso, Vinss dari EVOS Academy akan mengisi slot Oura di roster utama MPL S5. Keputusan ini diambil berdasarkan keinginan sang pelatih Bjorn “Zeys” Ong yang melihat adanya potensi dari pemain tersebut. 

Keputusan untuk memakai pemain dari academy bukan kali pertama dilakukan oleh EVOS. Season lalu, EVOS memberi kesempatan debut kepada Wann dan Lumianare yang juga besutan academy di MPL. Hasil yang diberikan oleh kedua pemain ini juga sepertinya sesuai dengan ekspektasi.

Selain untuk menggantikan posisi Oura, kedatangan pemain baru ini juga memiliki tujuan variasi strategi agar tidak mudah ditebak oleh lawan.  

Source: YouTube EVOS TV

Tanpa kehadiran Oura dan digantikan oleh Vinss, serta debut pemain-pemain academy lainnya, mampukah EVOS kembali membertahankan gelar juara mereka di season kelima MPL? Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?