IES Ligagame

Kalahkan Bigetron Alpha, RRQ.AP: "Mental Juara Tak Lahir Instan"

Billy Rifki
29/02/2020 02:10 WIB
Kalahkan Bigetron Alpha, RRQ.AP: "Mental Juara Tak Lahir Instan"
Esports.ID Interview

Kemenangan beruntun Bigetron Alpha terhenti juga. Setelah empat minggu dan lima series laga MPL S5 selalu berakhir euforia, The Red Alien tunduk dihadapan Sang Raja, RRQ Hoshi. Rotasi anyar mereka mengangkat Xin dari MDL ke MPL berbuah manis, apalagi ditandemkan bersama Lemon.

Duet keduanya terlalu sulit dihentikan Branz dan kawan-kawan walau sudah bertahan mati-matian hingga penunjuk waktu melampaui fase late game. Tapi tetap saja, dua game panjang di Jumat kemarin (28/2) berujung pada dominasi RRQ.

Bos besar RRQ, Andrian Pauline turut hadir memberikan semangat serta yel-yel bersama para fans setia di MPL Arena. Ia bahkan turun langsung ke ruang media untuk berbincang bersama Esports.ID menggantikan Lemon cs yang langsung melakukan evaluasi di ruang pemain.

AP, panggilan akrab si bos berkata kalau pertandingan RRQ.Hoshi kontra Bigetron adalah murni hasil persiapan matang dan disiplin. Ia mengingatkan anak-anaknya untuk tak meremehkan dan hormat atas performa apik Bigetron musim ini.

Meski begitu, AP menanggapi kemenangan atas Bigetron dengan menyinggung aspek mentalitas. Menurutnya, butuh sekedar teknik semata untuk jadi juara dan unggulan di tiap turnamen, bukan hasil instan. " Saya pikir, mental juara itu tidak bisa lahir dari satu-dua match bahkan satu turnamen. Itu sesuatu yang ngga bisa dipelajari dari siapapun. Ini bicara mental, RRQ tumbuh dan dewasa sebagai satu kesatuan" tuturnya.

Ia menambahkan, mengasah mental berbeda dengan hal teknis seperti meta atau strategi yang bisa ditiru. Sementara ketahanan psikologi seseorang dan tim untuk tetap termotivasi dalam situasi apa pun merupakan hasil dari kerja keras panjang dan pengalaman bertahun-tahun.

Hasil ini membuat RRQ sukses menggeser Bigetron dari puncak. Meski keduanya memiliki jumlah kemenangan sama, namun RRQ kalah lebih sedikit dibanding Bigetron. Laga selanjutnya untuk RRQ adalah menjamu ONIC, sedangkan Bigetron masuk ke ujian kedua menantang juara MPL S4 dan M1, EVOS Legends.

Apakah mental Bigetron sudah membaik usai diruntuhkan oleh RRQ di hari selanjutnya?