LINE POD - MAVIS

Corona Makin Parah, Ini Tiga Skenario Playoff MPL S5!

Billy Rifki
25/03/2020 04:22 WIB
Corona Makin Parah, Ini Tiga Skenario Playoff MPL S5!
press release MPL S5

Dari banyaknya event esports yang dibatalkan dan diundur, Mobile Legends Professional League season 5 masih berjalan "normal" sampai minggu kemarin (20-22/3). Dengan catatan, format turnamen dialihkan online dan meniadakan penonton datang ke venue, bisa dibilang kompetisi aman-aman saja.

Namun, mendekati akhir regular season, fans mulai harap-harap cemas. Apakah liga bakal tetap bergulir atau ikut dibatalkan? Dengan peraturan yang makin ketat dari pemerintah, kegiatan online tak menjamin acara ini terselesaikan sampai akhir walau dipaksakan.

Pihak MPL merilis edaran terbaru soal kelangsungan kompetisi musim ini dan melakukan berapa penyesuaian. Terkait playoff, rencana pertama mereka adalah menggeser lokasi dari BritAma Arena ke sebuah hotel ternama di Jakarta. Relokasi ini cukup masuk akal karena BritAma Arena yang ditujukan untuk menampung banyak fans, diubah jadi konsep acara hotel yang lebih private demi menghindari kesan "keramaian".

Rencana kedua yakni menghelat playoff secara online. Tiap tim bersiap di gaming house masing-masing seperti pertandingan di pekan ketujuh lalu. Apabila hal ini juga tidak mungkin akibat lockdown, MPL terpaksa dihentikan.

Durasi playoff yang sedianya dijatah 2 hari mulai 11-12 April, diperpanjang jadi tiga hari (10-12 April). Perpanjangan hari ini bertujuan untuk memperbanyak konten untuk fans sebagai kompensasi karena tak bisa mendukung tim kesayangan secara langsung.

Para peserta yang lolos nantinya hanya datang ke venue turnamen untuk bertanding dan langsung pulang ketika selesai. Hal ini pun cuma di eksekusi apabila situasi Corona tak bertambah buruk. Pihak MPL menyatakan bisa menunda playoff MPL S5 bahkan dibatalkan.

Pekan terakhir di regular season pun turut kelabu. Tergantung dari keparahan wabah atau bila pemerintah pusat dan Jakarta memutuskan untuk lockdown, maka turnamen bisa di tunda. MPL Indonesia bukan satu-satunya yang mengalami problema, MPL di Myanmar dan Filiipina kena getahnya lebih dulu. Ada kemungkinan penundaan mengular sampai MSC Filipina di Juni dan M2 pada November 2020.

Keputusan ini bukan semata dari panitia MPL saja. Diskusi telah dilakukan dengan para manajer tim serta owner. Saat ini, prioritas semua stakeholder adalah melindungi kesehatan para pemain, staf dan semua pihak yang terlibat didalamnya.

Wah, ternyata wabah Corona sudah semakin parah Sobat Epsorts, tetap bersabar ya semoga situasi segera mereda.