LINE POD - MAVIS

Tak Lolos Playoff, Ini Benang Merah Aura & Geek Fam di MPL S5

Billy Rifki
29/03/2020 17:15 WIB
Tak Lolos Playoff, Ini Benang Merah Aura & Geek Fam di MPL S5
Esports.ID Interview

Pekan terakhir MPL Season 5 bakal dilangsungkan sore ini (29/3). Tim yang lolos ke playoff sudah terjawab, begitu pula yang kandas. Aura dan Geek Fam harus menerima kenyataan mandek di peringkat 7 dan 8.

Namun, tak semua kegagalan itu pahit. Ada benang merah yang bisa mereka pelajari guna melesat di MPL musim depan. Apa saja ilmu-ilmu penting tersebut? Perwakilan coach dan manajer dari Aura & Geek Fam menjawab kepada Esports.ID via pesan singkat.

Salah satu yang mereka soroti adalah perubahan meta yang begitu cepat. Aura menjelaskan proses adaptasi menjadi salah satu merosotnya performa mereka jelang akhir regular season. Poin terpenting yang harus dibenahi oleh skuad Aura kedepan adalah hero pool pemain wajib diperluas.

“Tidak semua pemain bisa menguasai semua hero dengan baik dan bisa beradaptasi dengan cepat, terutama player yang yang punya keterbatasan penguasaan hero” tutur Aura. Sebagai contoh, musim ini kita melihat Lemon tak cuma di plot sebagai mage user di midlane, tapi juga marksman. EVOS pun demikian dengan Wann yang makin handal memerankan MM sementara Rekt malah jadi offlaner. Dibanding Aura, mereka menjalani musim kurang lebih dengan punggawa yang sama walau sempat menukar SusuGajah dengan Vaanstrong di awal musim.

Sementara Geek Fam, lebih menekankan pada pengembangan liga dan ekosistem kompetisi yang lebih masif. MPL harus lebih berani di musim depan untuk menciptakan habitat yang meregenerasi bakat baru dari komunitas serta tim kecil agar nafas esports, khususnya Mobile Legends makin awet di Indonesia.

Senada dengan Geek Fam, Aura menilai pelaksanaan MDL sudah baik, namun mereka tak memiliki waktu yang cukup untuk memanfaatkan proses transfer selama liga berjalan. Alhasil, Aura tak bisa berbuat banyak untuk tambal sulam menyesuaikan diri dengan meta seperti yang dilakukan kontestan lain.

Ternyata kedua tim sudah melakukan evaluasi untuk menyambut MPL musim depan. Semoga performa Aura dan Geek Fam bisa lebih baik di kesempatan selanjutnya!