IES Ligagame

Opsi Hero Tanky yang Cocok jadi Offlaner di Meta Hyper Carry

Billy Rifki
20/03/2020 17:11 WIB
Opsi Hero Tanky yang Cocok jadi Offlaner di Meta Hyper Carry
Esports.ID

Meta hyper carry sedang jadi fenomena di Mobile Legends. Hyper carry biasanya dipercayakan pada sosok marksman untuk "memakan" semua sumber gold dan xp yang ada agar hero ini segera mencapai potensi maksimal.

Karena meta ini, berbagai pilihan hero unik muncul dengan kombinasi dua support sebagai penyokong sang jagoan utama. Nana, Diggie, Cecillion, Carmilla, Jawhead lebih banyak di kontes ketimbang fighter yang dampak permainannya kurang signifikan. Akibatnya, fighter-fighter yang berhadapan dengan marksman jadi bulan-bulanan karena efek red buff di awal game plus laning keroyokan musuh. Tak jarang, beberapa tim juga menghiraukan pick tanker dalam draft karena peran support lebih penting saat ini.

Nah, dari situlah muncul inovasi untuk menjadikan tanker layaknya offlane. Hero tank punya durabilitas lebih baik dari fighter, mirip crowd control dan sulit ditaklukan, khususnya di level awal. Beberapa contoh nyata tanker offlane di MPL Season 5 adalah Uranus dan Grock. Tapi apa cuma hero itu saja yang bisa jadi offlaner? Nih hero tank pilihan Esports.ID buat kamu jajal jadi meta hard lane baru!

- BALMOND

Tank Fighter satu ini mungkin sedang dipersiapkan oleh tim MPL untuk jadi senjata kejutan. Ia tak ubahnya Uranus yang punya regenerasi tinggi, tapi juga clear wave cepat berkat skill Cyclone Sweep. Kemampuan heal-nya tiap mengeliminasi creep menjadikan Balmond salah satu hero paling awet laning, apalagi ia tak butuh mana sama sekali.

Ultimatenya pun tak main-main! Dahulu, Lethal Counter jadi senjata pamungkas RRQ untuk mencuri objektif seperti Turtle atau Lord.

- HYLOS

Darah tinggi dan skill area yang perih membuat Hylos menakutkan. Apalagi dengan level dan gold cukup, musuh akan kesulitan menundukan manusia kuda satu ini. Ia bisa bertukar pukulan di level awal dengan marksman dan support musuh untuk merebutkan red buff. Harusnya, memakai spell Revitalize, Hylos bisa unggul walau digempur 2 musuh.

Hylos bisa jadi pick tipuan saat fase drafting. Mengira kalau hero ini di plot jadi tanker, padahal main di sisi peta. Opsi hero lain pun terbuka misalnya dikombinasikan dengan Khufra atau Rafela untuk daya tahan dan agresi di saat bersamaan.

- ESMERALDA

Mengambil dua mage sudah jadi opsi alternatif tim MPL. Apalagi sideline khususnya offlaner terbiasa sendiri, maka sama saja asupan XP-nya dari Esmeralda akan setinggi midlaner walau lebih besar resiko diciduk lawan.

Tapi Esmeralda adalah sosok playmaker yang bisa melakukan rotasi dengan cepat. Ia pun jadi counter handal untuk tank offlane saat ini seperti Grock dan Uranus karena menyerap armor mereka. Bila menggunakan Esmeralde sebagai offlane, ada baiknya formasi laning ditukar dengan Esme berduel dengan offlane di bot, sedangkan marksman dan dua support menginvasi jungle lawan.

- MASHA

Hero gesit ini sebenarnya pernah jadi meta turnamen sebagai offlane. Dimanfaatkan untuk mencolong-colong turret dengan cepat. Tapi ia tak punya durability yang baik sebagai laner meski bar darahnya berlapis-lapis.

Tapi Masha tetap bermanfaat untuk mengulur-ulur waktu agar hyper carry timmu bisa full farm dengan cepat. Masha harus lebih sering terlihat di lane walau hanya mendorong creep dan memukul turret sesekali. Terpenting adalah menjaga satu lane tetap dapat tekanan.

Bila musuh memutuskan untuk mengincar marksmanmu, itu jadi kesempatan untuk melibas objektif secepat mungkin lalu mencari mangsa-mangsa sekarat yang bisa kalian ciduk.

- BANE

Satu wakil dari kategori fighter punya potensi jadi offlaner baru. Mampu clear wave dan spesialisasi push, Bane sebenarnya berbahaya di tangan yang tepat. Bane puya dua skill jarak jauh yang berfungsi untuk memberikan damage kepada lawan sedikit-demi sedikit. Jadi, hero ini tak benar-benar pasrah saat laning karena mampu melawan balik.

Ultimate dan pasifnya pun bisa menghabiskan minion dengan cepat, efektif mempertahankan pressure lane ke musuh yang sedang rotasi ke jalur lain. Jangan lupa, meta hyper carry juga identik dengan efektifitas Lord.

Saat Lord menyerang dibarengi dengan Deadly Catch, hampir pasti tim kalian merobohkan bangunan yang diinginkan. Bane pun tak kalah tebal dibanding tanker sejati, tergantung build yang kalian pakai. Ia bisa memukul dengan damage besar atau menerima kerusakan dengan santai bila itemnya sesuai.

Itu dia beberapa opsi offlaner baru, adakah dari Eobat Esports yang punya andalan lain main di offlane?