LINE POD - MAVIS

Pantaskah Hero Baru Mobile Legends Luo Yi jadi Top Pick?

Billy Rifki
19/05/2020 09:06 WIB
Pantaskah Hero Baru Mobile Legends Luo Yi jadi Top Pick?
Esports.ID

Salah satu pendatang baru Land of Dawn adalah Luo Yi, hero mage yang mengandalkan kekuatan Yin dan Yang sebagai senjata pamungkasnya. Meski masih diklasifikasikan sebagai Mage, banyak pemain yang merasa hero ini tak ideal dijadikan midlaner.

Maka dari itu, timbul pertanyaan, seberapa baguskah Luo Yi? Kapan waktu yang tepat menggunakan hero ini? Bagaimana cara memainkannya? Apakah ia layak untuk jadi top pick dan ban di meta saat ini?


Skill 1 Luo Yi, Dispersion

Penjelasan Dasar

Luo Yi punya tiga skill aktif dan satu pasif. Dengan kombinasi kekuatan Yin dan Yang, ia menimbulkan efek serangan stun dan magic lebih besar dan buff berupa movement speed dan shield.

Skill satunya, Dispersion merupakan jurus yang bisa dikeluarkan kontinu karena berupa stack. Butuh 8 detik untuk mengisi ulang stack tersebut namun kamu bisa mengeluarkan dalam jeda sedetik saja apabila amunisi Dispersion belum terpakai. Bila kamu berhasil mendaratkan kombo Yin dan Yang ke musuh, maka kamu mendapatkan satu tambahan stack Yin dan Yang. Cara mudah mengetahui kombomu berhasil atau tidak adalah melihat after effect jurusmu menimbulkan stun yang menghimpit target untuk 1 detik. Mirip skill Sanguine Claws dari Cecilion.

Setiap menggunakan skill, efek dari kekuatan Luo Yi akan berubah. Misal, bila Dispersion pertama berefek Yin, maka penggunaan kedua berubah jadi Yang, begitupun pada skill keduanya Rotation. Skill terakhirnya, Diversion, adalah alat berpindah tempat atau teleportasi dalam radius yang cukup luas.

Apa Kelebihan Luo Yi?

Luo Yi punya burst damage tinggi yang bisa dikerahkan terus menerus. Ia juga menimbulkan efek crowd control area yang berguna dalam peperangan. Belum lagi, skill teleportasinya sangat membantu ketika mengejar musuh yang melarikan diri atau untuk menyergap dari belakang.


Skill 2 Luo Yi, Rotation

Hero ini tak sulit dimainkan, untuk pemain awam, cukup jaga jarak dan keluarkan skill setepat mungkin ke arah musuh. Niscaya seranganmu cukup untuk rekan setimmu membereskan sisanya. Lepaskan dulu skil Dispersion untuk memberi tanda kepada musuh, ikuti dengan skill 2 agar mobilitas musuh terhambat dan hantam dengan stack yang ada dari Dispersion.

Kenapa Harus Memilih Luo Yi?

Luo Yi bisa jadi alternatif untuk hero mage support seperti Valir atau Cecilion. Ketiga hero tersebut punya skill bercooldown singkat, damage tinggi dan punya efek crowd control. Namun, sebaiknya jangan memaksakan Luo Yi untuk jadi mage midlaner karena hero ini tak punya mobilitas maupun ketahanan lane yang baik.

Sebaiknya, Luo Yi lebih berguna jadi penyokong serangan dengan aktif berotasi di tiap lane agar beban tim kalian lebih ringan. Dengan kerusakan yang begitu tinggi di awal game, akan sulit bagi lawan untuk menghalau serangan dari Luo Yi meskipun targetnya adalah tank sekalipun.

Luo Yi cocok untuk membuat keki frontliner musuh yang dengan slow areanya. Lawan yang terperangkap sesaat akan sulit mendekatimu selagi dihujani dengan tembakan cahaya dan kegelapan Luo Yi.

Sayangnya, disable dari Luo Yi tidaklah instan melainkan harus dikombinasikan dulu antara Yin dan Yang, sehingga hero ini kurang cocok untuk menangkal lawan gesit macam Helcurt, Claude, Fanny atau Hayabusa. Plus, jarak dari spell dari hero ini tidaklah menguntungkan. Kurang lebih, radius skill 1 yang akan sering kamu gunakan sama dengan jarak basic attack. Ini berbahaya karena kalian lebih rentan salah langkah karena bernafsu melempar skill ke musuh.


Ultimate Luo Yi, Diversion

Ia juga tak punya skill escape kecuali ultimatenya Diversion. Namun, dengan jeda aktifasi skill selama 3 detik, kalkulasi waktu yang baik akan jadi pembeda antara hidup dan mati kalian dan juga tim.

Kesimpulan

Luo Yi adalah hero mage support yang cukup berguna dalam gameplay tim yang ingin agresif mendominasi lane dengan gank atau rotasi. Hanya saja, hero ini tak punya disable yang baik untuk mengunci hero lincah sehingga ia belum layak jadi prioritas pick ataupun ban.

Bagaimana pendapat kalian tentang Luo Yi?