IES Ligagame

Jelang Playoff, Waspadai 5 Hero Win Rate Tertinggi di MPLI!

Billy Rifki
29/06/2020 17:08 WIB
Jelang Playoff, Waspadai 5 Hero Win Rate Tertinggi di MPLI!
MPL Invitational

MPLI 2020 akan memasuki babak playoff minggu depan. Tersisa 8 peserta yang kini bertarung memperebutkan gengsi dan juara turnamen empat bangsa SEA. Praktis, cuma Rex Regum Qeon yang belum menunjukan tajinya, sementara 7 kontestan lain sudah beraksi dengan berbagai meta dan pick andalan.

Setelah 2 pekan pertarungan, meta populer di MPLI mulai terpola. Strategi hyper carry masih jadi andalan untuk beberapa kesempatan, diikuti oleh hero-hero yang masih tergolong kuat dari meta sebelumnya. Siapa saja hero Mobile Legends dengan win rate tertinggi di MPLI?

- Angela 75% win rate (4 picks, 7 bans)

Support imut satu ini kian diminati dalam formasi hyper carry. Kehadiran Angela dengan ultimate Heartguard meningkatkan survivabilitas core utama lewat heal, shield dan efek cc tambahan. Untuk sekedar laning, Angela pun tak masalah ditempatkan jadi sidelaner karena kemampuan clear wavenya mumpuni.

Pada dasarnya, Angela cocok diduetkan dengan hero bermobilitas tinggi seperti Ling, atau yang agresif macam Esmeralda, Uranus dan Thamuz. Dampak bantuannya pun terasa seketika karena ia bisa merasuki rekan tim tak peduli sejauh apa Angela berada.

- Luo Yi 71% win rate ( 7 picks, 1 ban)

Mage support ahli crowd control ini mendominasi lane begitu mudahnya. Kombo skill Yin dan Yang mengendalikan kerumunan musuh saat efek pasifnya teraktivasi. Burst damagenya cukup tinggi untuk mengeliminasi beberapa musuh sekaligus.

Salah satu keunggulan Luo Yi yang jadi poin plus di mata peserta MPLI adalah ultimate teleportasi yang berguna untuk serangan tiba-tiba, melarikan diri atau mengejar musuh yang terlindung di antara proteksi turret.

- Ling 70% win rate (10 picks, 11 bans)

Apa jadinya formasi hyper carry tanpa sang hyper carry? Disitulah peran Ling mencuat. Taktik single core ini kembali meroketkan namanya sebagai hero paling berbahaya bila diberikan sumber daya dan perlindungan dari tim.

Cara terbaik untuk mengalahkan Ling adalah mem-ban sang hero dari awal. Memaksakan counter pick rasanya sia-sia karena drafting lawan jadi tidak fleksibel. Andai kata ngeyel memilih hero single lock macam Kaja, Franco atau Jawhead hanya demi Ling semata, keberadaan mereka jadi tak efektif karena Ling tak selalu ada di lane. Pergerakannya yang cepat memungkinkan Ling keluar masuk menghindari skill-skill ketiga hero tersebut.

- Uranus 65% win rate (17 picks, 3 bans)

Offlaner bertenaga fountain ini kian tak tergantikan sebagai laner favorit. Kekuatannya dipertempuran early cuma tersaingi oleh beberapa hero saja. Uranus mungkin tak punya disable mengagumkan, tapi karakter bandel hero ini merepotkan untuk backline dan tanker musuh yang berharap tidak direcoki saat sedang inisiasi atau mengerahkan spell.

Dalam situasi one on one di sidelane, seperti kebanyakan contoh match di MPLI, hampir tidak ada cerita pengguna Uranus kalah laning. Mereka mengendalikan equilibrium minion, memotong jalur, lalu pindah lane untuk membantu war dan kembali lagi untuk jaga turret. Regenerasi yang tinggi memungkinkan sang hero masuk dalam turret untuk beberapa skill dan pukulan finishing tanpa berujung kematian, sesuatu yang sulit dilakukan oleh hero offlane lain.

- Khufra 62% win rate (13 picks, 3 bans)

Untuk urusan tanker, Khufra jadi opsi prioritas tim MPLI. Inisiasi tiba-tiba serta ultimate area maut jadi alasan hero ini diperebutkan. Sinerginya dengan hero populer di MPLI lain seperti Luo Yi dan Angela juga jadi pertimbangan pemilihan Khufra.

Selain handal untuk urusan insiator, Khufra punya skill unik yang mengcounter hampir semua hero Mobile Legends berkemampuan dash/blink. Bouncing Ball otomatis meng-knock up musuh yang tergesa keluar dari hadangan Khufra. Tak ayal, lawan mengorbankan fleksibilitas battle spell dan memakai Purify karena takut terjerat pantulan bola Khufra.

Meski lawan berhasil melarikan diri dari Khufra, mereka rawan dikejar hero lain karena jarak kabur mereka tidak sejauh menggunakan Flicker.

Itu dia beberapa hero dengan winrate tertinggi di MPLI. Bahkan, beberapa hero ada yang mengantongi win rate 100% seperti Natalia, Miya, Moskov, Nana, Rafaela dan Terizla, hanya saja jumlah pertandingan mereka belum teruji karena masih sedikit.

Adakah hero di atas yang jadi favoritmu Sobat Esports?