IES Ligagame

Buff Balmond Bikin Makin Haus Darah, Ini Playstyle Terbarunya!

Billy Rifki
19/06/2020 11:45 WIB
Buff Balmond Bikin Makin Haus Darah, Ini Playstyle Terbarunya!
Esports.ID

Balmond jadi salah satu hero yang diperkuat pada patch 1.4.86. Kemampuan regenerasinya ditingkatkan dari 4% menjadi 5% setiap menghabisi minion, sementara bila Balmond mengeliminasi hero, 20% darah yang hilang bakal kembali.

Tak cuma hasrat membunuhnya yang makin sangar, jurus andalannya Cyclone Sweep kini beri kerusakan lebih signifikan. Lawan tak bisa lagi bertahan lama-lama dari serangan berputar Balmond karena damagenya akan terus naik 25% tiap kali hit hingga 100% peningkatan damage. Artinya, musuh bisa langsung KO kalau sengaja berada di pusaran kapak Balmond.

Dengan segala pembaruan tersebut, pantaskah hero ini jadi meta?

Balmond kini lebih handal bermain sidelane. Ia punya damage yang lebih besar, sustain lebih baik dan skill inisiasi atau escape mechanism lebih kuat. Karena sosok Balmond yang terlupakan, hero ini mungkin tetap diremehkan ketika pertama kamu pilih jadi prajurit di Land of Dawn.

Disitulah letak kesalahan pertama musuh. Skill Cyclone Sweep terbaru memungkinkanmu dapat first blood dalam satu kesempatan putaran saja. Setidaknya, skill ini membantu kamu clear wave lebih cepat dan mendapat level 2 untuk memburu first blood.

Namun, ada beberapa penyesuaian yang mesti kamu lakukan dengan Balmond versi 1.4.86. Pertama dari Battle Spell. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan pemilihan Execute selain Flicker. Hal ini guna memperbesar kemungkinanmu menyarangkan kill pertama ketika mulai rusuh.

Atau, melihat dari komposisi musuh, bila banyak yang punya crowd control atau stun, maka Purify bisa jadi opsi terbaik daripada memaksakan Execute, Vengeance atau Flicker yang bercooldown terlalu panjang.

Kedua, meski regenerasimu sudah tinggi, ada baiknya kamu tidak terlalu menampakan diri di lane apabila sudah berhasil menguasai area musuh. Hal ini guna memperkecil kemungkinan kamu dikeroyok. Bila target incaran tak menampakan diri di peta atau sudah kamu eliminasi duluan, beralihlah ke jungle dan lakukan farm di sana.

Maka dari itu, item jungle jadi bagian penting tapi tidak utama untuk Balmond di patch terbaru. Sebagai pertimbangan, daripada membeli Raptor Machete, item jungle terbaik untuk Balmond adalah Beast Killer karena hero ini lebih mengandalkan skill daripada basic attack untuk melukai lawan. Terlebih status yang diberikan memperkuat defense Balmond.

Ketiga, itemisasi yang efektif sangat penting untuk menjaga hidup awet Balmond. Regenerasi yang tinggi dan pasif emblem Festival of Blood tampaknya membuat Balmond tak perlu lagi Bloodlust Axe, walau beberapa pemain merasa tambahan spell vamp cukup penting untuk laning stage. Ia bisa langsung meroketkan damage fisiknya dengan Berserker's Fury kemudian Queen's Wings untuk meningkatkan damage reduction serta lifesteal tambahan.

Sisanya, kamu bisa situasikan dengan kebutuhan tim. Apakah kamu butuh magic defense tambahan? Atau item damage lainnya agar musuh terbunuh lebih mudah, Blade of Despair misalnya.

Meskipun Balmond jadi lebih kuat, bukan berarti ia bisa terlalu barbar saat menginvasi musuh. Balmond tak punya pertahanan fisik maupun magic yang mumpuni seperti tanker atau fighter lainnya. Alhasil, dengan  disable yang cukup, hero ini cenderung mudah ditaklukan.

Kesimpulan

Balmond sedikit tertolong dengan update di patch 1.4.86. Sayangnya, hero ini masih kalah impactful dengan fighter atau tank lain yang bisa menawarkan efek lebih baik sebagai sidelaner. Terlebih, hero ini tak mengcounter siapapun secara spesifik kecuali hanya menghambat early laning lawan.

Bagaimana pendapat kamu soal Balmond di patch kali ini?