PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Gatot Kaca, Calon Offlaner Meta di Season 17 Mobile Legends

Billy Rifki
17/06/2020 16:53 WIB
Gatot Kaca, Calon Offlaner Meta di Season 17 Mobile Legends
Esports.ID

Selang beberapa hari pergantian season ke-17 Mobile Legends, pemain sudah bisa merasakan beberapa penyesuaian terbaru dari Moonton. Beberapa diantaranya revamp hero seperti Balmond, Saber, Yi-Shun Sin dan paling gacor, Gatot Kaca.

Sosok tanker ini bakal lebih fleksibel dalam laning, bukan karena ia dapat tambahan utilitas fighter semata. Tapi skill pasif dan aktifnya jauh lebih bermanfaat saat ini. Contoh skill Blast Iron Fist yang kini punya animasi efek lebih cepat sehingga besar kemungkinan memberi damage ke lawan. Skill Unbreakable yang punya durasi konstan 1,5 detik sementara charge hanya menentukan jauh deket arah lompatannya.

Indonesia Gaming Award

Keunggulan Baru Gatot Kaca

Revamp paling mematikan dari hero ini adalah pasif Tulang Baja. Gatot mengubah 2% HP yang hilang menjadi physical defense kemudian mendapat 5 sampai 100 poin rage untuk setiap 300 damage. Per 25 poin rage, basic attack selanjutnya mendapat peningkatan damage.

Skill ini membuat Gatot sangat cocok melawan hero dengan burst damage seperti Kimmy dan Granger. Ia bisa melawan balik dengan geprekan yang kerusakannya hampir sama dengan pukulan Aldous. Apalagi, semakin cepat musuh memukul, semakin cepat pula poin Rage terkumpul. Alhasil, geprekan Gatot Kaca bakal semakin sakit dan lekas terisi kembali.

Oleh karena itu, Gatot akan lebih baik untuk menempati peran baru sebagai offlaner karena ia mendapat akses untuk farm lebih baik ketimbang jadi tanker/support. Walaupun, melakoni tugas biasanya tidak merugikan sama sekali untuk pahlawan dari pewayangan Jawa ini.

Itemisasi Berbeda

Tentu dengan skill yang baru, selayaknya Gatot mengubah gameplay termasuk penentuan item. Dengan pukulan mautnya, bakal lebih menguntungkan kalau Gatot punya item lifesteal agar lebih tahan lama di pertempuran.

Item lifesteal terbaik untuk Gatot adalah Queen's Wings. Tak cuma menambah 1000 HP, item ini menawarkan cooldown reduction dan 15 physical attack. Efek pasifnya mereduksi damage diterima sebesar 50% ketika health kita mencapai tersisa 40% plus tambahan physical lifesteal 30% bersinergi sangat bi dengan pasif dari Gatot Kaca yang baru.

Beberapa itemisasi lainnya memprioritaskan kepada penambahan darah agar bersinergi dengan efek dari emblem tank baru yakni Concussive Blast. Semakin besar darah kita, maka makin tinggi pula damage yang diberikan dari efek emblem ini.

Contoh item penambah defense dan darah terbaik untuk Gatot Kaca adalah Athena Shield, Antique Cuirass, Cursed Helmet atau item wajib tank, Immortality. Kalian bisa merimprovisasi dengan Twilight Armor bila musuh punya core berdamage critical atau Oracle bila perlu tambahan magic defense. Bahkan, kalau kalian mau ngide sedikit dengan item, membeli Haas's Claw ataupun Endless Battle untuk tambahan damage dan lifesteal dimungkinan.

Sebagai offlaner, Gatot mampu berdampak besar pada pertarungan tim. Ultimate Avatar of the Guardian punya jarak lompat yang jauh, memungkinkan Gatot masuk dalam pertarungan dengan cepat dan mengejutkan.

Sudah saatnya beradaptasi dengan meta baru, adakah Sobat Esports yang tertarik mencoba Gatot sebagai offlaner?