GoPay Campaign

Auto Pick! 5 Mage-Support Incaran di Musim Kompetitif S17 Mobile Legends

Billy Rifki
29/06/2020 15:20 WIB
Auto Pick! 5 Mage-Support Incaran di Musim Kompetitif S17 Mobile Legends
Esports.ID

Peran mage-support cukup penting dalam komposisi hero di Mobile Legends. Mage biasanya punya magic damage dengan radius luas yang mampu melukai banyak musuh sekaligus. Beberapa hero bahkan dikenal karena kemampuan crowd control yang baik sehingga krusial menentukan jalan pertempuran di Land of Dawn.

Dari sekian banyak hero mage, tidak semuanya cocok dijadikan support. Namun, beberapa di antara mereka piawai untuk di plot jadi mage core. Kira-kira, siapakah mage support terbaik di season 17 Mobile Legends?

1. Cecilion

Hero flamboyan berkulit pucat ini ibarat Aldous-nya hero Mage. Semakin banyak skill yang mengenai target, makin besar pula mana dan damagenya. Alhasil, amukan dari Bat Impact sangat mengerikan bahkan tak jarang instant kill hero lemah macam marksman, assassin dan mage musuh yang salah langkah.

Cecil juga unggul dalam jarak serangan, mampu melempar skill cukup jauh sehingga aman dari inisiasi lawan. Namun, skillnya tidak bisa di jauh-dekatkan, ia rawan terbunuh bila musuh merapatkan jarak dengan Cecilion.

Cecil bersinar dalam situasi defensif dan ofensif. Dalam situasi bertahan, keberadaan inhibitor turret membantu Cecil mengarahkan jurusnya karena musuh cenderung berkumpul untuk memukul turret bersamaan. Ia bisa mengendalikan massa dengan Sanguine Claws, lalu menghempas mereka dengan berondongan Bat Impact.

Begitupun ketika kubu Cecil menyerang, Cecil tetap bisa melihat posisi musuh yang ada dalam markas karena di Mobile Legends tidak ada efek fog of war atau keterbatasan vision akibat perubahan struktur area. Dalam markas, musuh sejatinya punya ruang lebih sempit untuk bergerak karena terjepit oleh turret dan base utama. Skill Cecilion masih menjangkau lawan yang kalang kabut mempertahankan diri.

2. Luo Yi

Hero mage support baru ini awalnya sangat diremehkan. Skillnya di anggap tidak jelas pun ultimatenya cuma di anggap untuk tujuan troll saja. Tapi, para pro player menemukan keistimewaan Luo Yi. Hero ini mulai jadi meta karena piawai mengendalikan kerumunan.

Skill area luas dari Rotation di tambah cipratan Dispersion kadang diabaikan musuh. Bila kombo Yin dan Yang Luo Yi sukses, musuh akan terkontrol, terseret ke titik tengah Dispersion selama 1 detik. Enaknya lagi, Luo Yi punya skill yang bisa di stack sehingga kamu bisa bebas melepas jurus tersebut dalam pertempuran.

Damagenya pun tidak main-main. Semua jenis hero baik yang tebal sampai yang lemah jangan berharap  menahan besarnya kerusakan Yin dan Yang Luo Yi. Dalam sekali kombo, Luo Yi menghilangkan setengah darah musuh. Bila terdampak terus menerus, lawan cuma pasrah dan heran karena mati tiba-tiba.

Sama seperti Cecilion, Luo Yi handal dalam situasi bertahan maupun menyerang. CC area yang luas dan bisa dilempar jauh meyulitkan pergerakan musuh. Luo Yi bisa memperlebar jarak serangan karena Dispersion punya radius tambahan berbentuk kipas ke arah belakang musuh yang terkena duluan.

Kalau musuh kebetulan menyergap dari belakang atau samping, lekas kerahkan Diversion untuk kembali ke posisi aman dan berharap kalian punya cukup waktu untuk memindahkan sekutu juga diri sendiri. Ultimate ini di apresiasi tinggi oleh para pro player karena membantu mobilitas semua anggota tim.

3. Valir

Rasanya, tidak ada mage-support yang lebih menyebalkan dari Valir. Para tanker dan initiator sagat membenci hero ini karena damage per second tinggi dan punya crowd control lengkap. Valir bisa membunuh hero terkuat sekalipun di level 1 berkat Burst Fireball dan efek pasif Ashing yang menggerogoti persentase HP target.

Lemparan skillnya pun jauh, mampu menjangkau musuh yang berlindung dibawah proteksi turret luar. Kalau mereka nekat mendekat, Valir tinggal menjauhkan lagi dengan Searing Torrent atau melepas cc lawan dengan Vengeance Flame lebih dulu.

Untuk ukuran mage, Valir terbilang gesit dan skill setnya mampu beradaptasi dengan situasi pertempuran. Valir bisa mengisi peran mid core atau support, clear wavenya baik dan sulit didekati musuh. Perbedaannya, Valir tidak mengantongi damage burst seperti Cecilion dan Luo Yi, untuk beberapa situasi, hal ini merugikan khususnya kalau terlanjur terjebak dalam situasi 1 on 1 dengan marksman atau assassin musuh.

4. Pharsa

Tak cuma di plot jadi mage support, Pharsa mulai dilirik untuk melakoni peran sidelaner oleh beberapa player. Hero serbabisa ini masuk dalam kategori mage support terbaik karena mobilitas tinggi dan ultimate area yang begitu luas. Di atas kertas, keberadaan Pharsa menjamin tim kalian selalu menang dalam pertempuran ataupun aksi rebut-rebutan objektif macam buff, turtle dan Lord.

Pharsa pun tak kalah lengkap kalau soal crowd control. Ia punya efek slow, stun, burst damage dan pastinya ultimate area luas Feathered Air Strike. Wings by Wings bisa digunakan untuk keperluan agresif atau melarikan diri tergantung situasi, itulah kenapa ia mampu menjadi sidelaner karena bisa berpindah lane dengan cepat.

Keahlian mencari posisi war adalah kunci memainkan Pharsa. Sebisa mungkin, kamu berada di tengah pertempuran namun terlindung oleh frontliner juga struktur map Land of Dawn. Memanfaatkan rumput-rumput bakal menyulitkan musuh mencari lokasi kamu menyerang, mereka pun harus menembus hadangan dari rekanmu yang sudah siap dengan segala inisiasi.

5. Selena

Gabungan hero assassin-mage ini sangat mematikan saat digunakan sebagai support. Selena punya burst damage dan crowd control yang brutal. Naluri assassinnya membuat ia jadi gerilyawan mengerikan. Kombo Abyssal Arrow dan Trap menghasilkan stun maksimal 3 detik plus bonus kerusakan sampai 850 magic damage. Selena tak canggung mengincar marksman atau assassin terlepas seberapa banyak item utama yang telah mereka kantongi, kombo ala Selena bukan senjata yang bisa di anggap remeh.

Plus, pembeda Selena dengan hero mage support lain adalah Abyssal Trap bisa berfungsi sebagai pengintai atau pembuka map kecil-kecilan. Efektif untuk menghalangi mobilitas musuh saat melakukan rotasi di rumput atau memberikan lokasi keberadaan mereka di Land of Dawn.

Keuntungan memiliki Selena adalah tim kalian punya damage dealer cadangan karena Selena punya damage yang tinggi dari early dan mid game. Cocok untuk tim yang agresif dan senang menguasai tempo permainan.

Itu dia beberapa mage-support terbaik di season 17. Memainkan kelima hero ini butuh mekanik tinggi karena sangat mudah diciduk lawan. Kalian wajib menguasai macro dan micro gameplay agar berkontribusi maksimal dalam game.

Siapa mage-support favoritmu Sobat Esports?