PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Dampak Sentimen dengan China, Mobile Legends Dibanned Oleh India

Rendy Lim
30/06/2020 09:46 WIB
Dampak Sentimen dengan China, Mobile Legends Dibanned Oleh India
Wah gimana nih nasib para pemain Mobile Legends di India?

India telah memutuskan untuk memblokir 59 aplikasi asal China di Google Play Store dan Apple App Store. Selain TikTok dan UC Browser game seperti Clash of Kings dan Mobile Legends juga ikut terblokir. Konflik antar India dan China yang semakin memanas membuat para masyarakat India mengambil inisiatif untuk memboikot produk China dan menggantinya dengan buatan dalam negeri. 

Rumor Mobile Legends yang akan masuk jajaran aplikasi terblokir sebenarnya sudah beredar di jejaring sosial. Mentri teknologi mereka telah memberikan perintah untuk memblokir banyak aplikasi asal China, termasuk game MOBA Mobile MLBB. Tentunya kejadian ini sangat mengejutkan bagi pemain Mobile Legends di India. 

Berdasarkan pemberitaan dari AFKGaming, pemerintah India telah mengeluarkan press release yang berisi alasan pemblokiran 59 aplikasi asal China ini. Dituliskan bahwa akses informasi yang diterima oleh aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengancam keamanan dari masyarakat dan pemerintah India. 

Menteri Teknologi dan Informasi India juga menyatakan telah menerima laporan dari banyak pihak yang mengkhawatirkan keamanan data dan privasi ketika mengoperasikan beberapa aplikasi tersebut. Selain itu, The Computer Emergency Response TEAM (CERT-IN), juga mengantongi kasus-kasus kebocoran data pribadi yang akhirnya mengarah pada perintah pemblokiran ini. 

Kepopuleran Mobile Legends di India sendiri terlihat dari posisi aplikasi ini yang berada di peringkat #48 Google Play Store sejak April 2020. Komunitas MLBB di negara ini bisa terbilang cukup berkembang dengan kehadiran turmanen-turnamen berskala lokal. Sayang, dengan diblokirnya Mobile Legends saat ini, mereka tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya menunggu langkah pemerintah selanjutnya.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira apa yang akan kamu lakukan jika tiba-tiba Mobile Legends hilang?