GoPay Campaign

Kenali 3 Kesalahan Pemain Support Pemula di Mobile Legends

Billy Rifki
15/07/2020 16:15 WIB
Kenali 3 Kesalahan Pemain Support Pemula di Mobile Legends
Esports.ID

Role support memegang peranan penting sebagai pelindung core, penyedia crowd control saat team fight juga membantu proses farming lebih cepat berkat rotasi dan zoning yang mereka lakukan. Namun, ada banyak pemain support yang cenderung ngasal melakukan tugasnya.

Meski memang enak spam skill dengan hero-hero support atau sekedar melempar disable dan AoE ke arah minion, kadang, pemain lupa kalau hero kategori ini cenderung lemah, mudah diciduk dan tak punya skill melarikan diri. Lantas, apa saja sih kesalahan para pemain support pemula? Ini 3 diantaranya!


Simpan Skill Searing Torrent Valir Untuk Menangkal Inisiasi Lawan, Bukan Untuk Farming

- Abai Positioning & Asal Menggunakan Skill

Mencari posisi "pewe" untuk melempar skill demi skill adalah suatu kewajiban bagi support. Mereka harus berada di tempat yang tepat, bisa menjangkau musuh tapi juga sulit didekati lawan.

Kadang, banyak pemain yang jalan seperti kereta api, mengikut jalur saja. Ada juga yang gemar sekali berdempetan dengan core, mengikuti seperti babysitter menjaga bayi kesayangan. Hal ini meningkatkan kesempatan musuh mendaratkan cc ke arah kalian berdua. Tentu, kamu tak mau untuk mati bersama tak berdaya.

Pemain support yang baik harus aktif, pergerakanmu sporadis tapi tidak asal-asalan. Ketika bertugas menjaga lane, kamu tak boleh enak-enakan diam di tempat dan mengira musuh tidak mencari kesempatan mencidukmu. Tetap bergerak kesana kemari agar lawan terkecoh manuvermu. Hindari juga memukul minion dengan basic attack, kecuali untuk last hit, karena attack speed hero support cenderung lambat dan tak ada rasanya, lebih baik sabar dan menunggu burst damage dari skill kalian.

Kalau sedang bertugas cover atau membantu pertempuran, cari posisi agak menjauh dari core. Ini demi menghindari jadi korban sampingan AoE lawan. Memanfaatkan rerumputan dan menyerang dari sana juga membuatmu sulit dideteksi musuh.

Juga, sebagai support kamu tidak seenaknya mengeluarkan skill demi keperluan farming. Selalu jaga skill crowd controlmu standby untuk momen-momen genting. Jangan sampai kamu mengeluarkan semua jurus lalu kepergok lawan tak punya lagi amunisi melawan balik.


Meskipun Enak Clear Wave Pakai Luo Yi, Sebaiknya Sisakan Minion Untuk Hero Coremu

- Membabat Habis Minion di Lane

Support punya skill AoE yang ampuh menyapu bersih minion dalam waktu singkat. Kadang, mereka bertugas menjaga lane saat hero core sedang farming di jungle. Namun, satu kesalahan fatal dari support adalah mereka kerap sengaja farming minion di saat hero core sudah selesai dari hutan. Ini bukan saja menghambat peningkatan gold dan level core tapi juga membuat timmu tidak scaling dengan baik.

Bahkan, jauh lebih menguntungkan kalau kamu menahan laju minion musuh bila coremu selesai rotasi guna memberinya gold lebih banyak. Pemain pemula juga belum mengerti tentang membagi kill. Ada kebanggaan tersendiri ketika support dapat kill yang banyak, serasa kalian pemain hebat. Tapi, memberikan last hit kill untuk core kalian jauh lebih menguntungkan karena mempercepat proses jadinya.

Tentu, kalian boleh saja melakukan kill, cuma kalau bisa diberikan pada core, sebaiknya biarkan ia yang mendapat legendary agar tugas kamu lebih mudah.

- Asal Membeli Item

Ini dia salah satu kesalahan krusial support pemula. Mereka belum memahami itemisasi yang tepat untuk situasi tertentu. Kadang, support newbie hanya membeli item untuk kebutuhan damage pribadi yang penting sakit, padahal ada beberapa item yang sangat dibutuhkan dalam teamfight.

Necklace of Endurance misalnya, mengurangi efek regenerasi lawan, bagus untuk meminimalisir daya tahan tank ataupun musuh dengan lifesteal. Kemudian Ice Queen Wand, memberi efek slow agar target sulit melarikan diri. Item-item ini jauh lebih baik dimiliki support ketimbang Holy Crystal atau Clock of Destiny, khususnya di early game.

Ketika kamu melihat musuh yang perlu penanganan spesial, sebaiknya kamu segera memprioritaskan item tersebut agar efektifitas mereka menurun sepanjang permainan..

Itu dia beberapa kesalahan support pemula yang harus segera kamu benahi. Adakah kebiasaan tersebut yang masih sering kamu lakukan Sobat Esports?