PT. Adidaya - Taiwan Excellence

MDL S2 Ganti Sistem Poin dan Terapkan Metode Pick & Ban 5 Hero!

Rendy Lim
31/08/2020 15:09 WIB
MDL S2 Ganti Sistem Poin dan Terapkan Metode Pick & Ban 5 Hero!
Akankah perubahan metode pick and ban serta sistem poin akan merubah skema kompetitif MDL?

Menambah porsi hero yang di ban pada fase pick & ban sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan player kompetitif. Sejak MPL Filipina pertama kali menerapkannya, metode baru ini kemudian ditunggu-tunggu untuk mulai diuji coba pada kompetisi Mobile Legends tanah air baik itu MDL ataupun MPL ID. 

Sempat tersirat kabar kalau MPL ID akan mulai menerapkan sistem pick & ban 5 hero ini pada minggu kelima mendatang. Namun sepertinya kita bisa lebih cepat melihat seberapa efektif metode baru ini di scene kompetitif Mobile Legends Indonesia, karena MDL baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menerapkannya mulai pekan ketiga regular season. 

Source: MDL Indonesia

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, penerapan metode pick & ban terbaru ini akan punya potensi untuk menggeser meta sekarang. Tim-tim MDL sekarang harus mulai mempertimbangkan lebih banyak strategi untuk menangkal hero-hero pick kejutan yang mungkin tampil, contohnya Diggie feed

Metode pick & ban baru ini akan dimulai dengan kedua tim melakukan masing-masing 3 ban terlebih dahulu sebelum bergantian untuk pick. Setelah kedua tim telah mendapatkan 3 hero, mereka akan kembali memberikan ban untuk 2 hero sebelum melanjutkan dengan pick 2 slot terakhir. 

Berikut adalah skema pick & ban terbaru MDL: 

Source: MDL Indonesia

Selain itu, MDL juga merubah sistem poin standings menjadi serupa dengan MPL. Akibat perubahan ini, posisi tim di klasemen sementara menjadi lebih jelas, terutama pada peringkat 1 hingga 7. Saat ini, pemuncak klasemen di MDL sementara diduduki oleh ONIC Prodigy, kemudian disusul RRQ Sena. 

Berikut adalah penjelasan perubahan poin terbaru MDL dan standings terbaru di klasemen: 

Source: MDL Indonesia

Source: MDL Indonesia

Source: MDL Indonesia

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports tentang perubahan baru ini?