PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Dampak Patch Baru MLBB Bikin Tak Sembarang Hero Bisa Beli Item Jungle!

Billy Rifki
03/09/2020 14:21 WIB
Dampak Patch Baru MLBB Bikin Tak Sembarang Hero Bisa Beli Item Jungle!
instagram

Pemain biasanya menemukan update-update Mobile Legends paling baru dengan menjajal Advanced Server. Salah satu penyesuain anyar yang ditemukan di sana adalah pembatasan penggunaan item jungling dan retribution.

Pembatasan ini dalam artian hanya pemain yang menggunakan battle spell retribution yang bisa membeli item jungling. Sebelumnya, pemain tetap bisa membeli item jungle seperti Raptor Machete atau Beast Killer untuk sekedar membantu clear monster saat tidak ada minion di lane.

Namun, seberapa besar dampak dari update ini?

- Marksman Makin Tertinggal

Hero MM tak cuma terpinggirkan saat ini, bila update ekslusif item jungle dan retri diterapkan, bisa dipastikan MM hilang sama sekali dari peredaran. Hampir semua core membeli item jungle sebagai senjata pertama. Selain memberi beberapa bonus seperti damage, physical penetration, basic attack slow dan tentunya bonus EXP untuk si pemakai.

Betapa lambatnya farm dari marksman tanpa mengantongi item jungle, kalau mau nekat, mereka perlu mengabaikan battle spell lain selain retribution dengan resiko tak punya perlindungan kedua bila diincar musuh.

- Momentum Snowball Lebih Lambat, Rotasi Kurang Menguntungkan

Pengguna item jungle bukan cuma hero core saja. Sidelaner yang punya potensi damage besar kerap membeli item ini untuk mempercepat farm mereka atau mengejar ketertinggalan level dari musuh.

Bonus EXP yang diberikan meningkatkan kemampuan snowball dari hero tertentu karena mempercepat peningkatan level mereka dari jungling. Unggul level dalam Mobile Legends sangat krusial, apalagi, bila mampu menekan musuh terus-terusan, kita bisa meninggalkan mereka hingga 3 atau 5 level. Hal ini cuma mungkin bila memiliki item jungle ketika menginvasi segala penjuru jungle musuh.

Menjaga lane bakal jadi prioritas sidelaner karena exp yang diberikan lebih tinggi tanpa item jungle. Core pun harus fokus pada kill bila ingin rotasi karena membunuh minion tidak memberi benefit sebaik patch terdahulu.

- Kembalinya Emblem Jungle

Bila update ini terjadi, maka dipastikan cuma hero assassin yang paling layak dijadikan core dengan membeli item jungle dan bawa retribution. Mereka selalu punya skill blink untuk keperluan ofensif maupun defensif, sehingga tak membutuhkan proteksi dari battle spell lain.

Damage dan EXP dari item jungle ditingkatkan, sehingga memicu carry pemakai retribution untuk habiskan monster hutan lebih dulu sebelum beralih ke lane. Karena, monster lane kini mengurangi perolehan EXP sampai 30% untuk hero dengan item jungle.

Artinya, untuk mempercepat proses level, hyper carry harus fokus di jungle dan pindah ke lane bila sumber gold tambahan. Emblem jungle akan jadi primadona karena mempercepat proses farm jungle untuk para hyper carry serta cooldown reduction untuk battle spell. Bisa jadi ada role baru di ML yakni jungler akibat patch baru ini. Makin cepat retribution, makin besar gold tambahanmu.

Itu dia dampak dari patch item jungle dan retribution di kemungkinan update selanjutnya. Apakah kalian setuju dengan update ini?