PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Patch 1.5.32 Mobile Legends, Akhir Dominasi Uranus - Esmeralda

Billy Rifki
19/11/2020 14:41 WIB
Patch 1.5.32 Mobile Legends, Akhir Dominasi Uranus - Esmeralda
MPL Indonesia Facebook

Mobile Legends akan mendapatkan update terbaru tak lama lagi yakni patch 1.5.32. Beberapa tujuan utama patch ini adalah penyesuaian hero terutama pada beberapa jagoan populer seperti Esmeralda, Uranus, Helcurt dan Chou.

Secara konstan hero-hero di atas terus mendapatkan nerf yang seharusnya bisa membuat mereka terpinggir dari meta. Kenyataannya, kekuatan spesial hero tersebut masih berdampak besar dalam pertarungan. Misalnya kemampuan silence Helcurt, shield absorption Esmeralda dan lain-lain. Supaya makin jelas seberapa parah jagoanmu terkena nerf, kita cek gambar-gambar berikut ini.

Indonesia Gaming Award

Sebelum masuk ke hero, kita bahas dulu beberapa item dan battle spell yang bakal sangat berpengaruh dalam gameplay di patch terbaru. Moonton mencoba memperkuat battle spell Aegis agar jurus perlindungan ini lebih sering dipakai di Land of Dawn. Aegis biasanya dipilih oleh tim pengguna dua core di mana marksman akan memakainya untuk perlindungan tambahan saat laning dan teamfight.

Dengan tambahan shield di patch terbaru, Aegis bisa dipertimbangkan sebagai battle spell andalan meski sulit menggeser fleksibilitas dari Flicker atau Purify.

Item roaming mendapat pengurangan pendapatan di early game namun lebih menguntungkan di late game. Tentu, ini tak mengenakan untuk support karena makin lambat mengumpulkan item yang dibutuhkan. Apalagi, saat late game berarti sang pengguna harus bertahan hingga 8 atau 10 menit dan seterusnya memakai item seadanya.

Retribution di patch terbaru meningkatkan damage reduction sehingga hero kalian bisa lebih survive saat jungle solo. Untuk opsi jungler populer seperti Hayabusa, Ling atau Lancelot hal ini sebenarnya tak berpengaruh banyak karena mereka bisa farm dengan cepat. Bisa jadi, efek penguatan dari Retribution membuka kesempatan jungler baru yang lemah di awal game seperti Hanzo, Saber atau kelompok marksman dan mage.

Sebaliknya untuk item jungle, duit yang kalian dapat dari membereskan minion semakin sedikit. Namun, membantu mengeliminasi lawan akan mendapatkan tambahan jumlah gold dari sebelumnya. Ini ditujukan agar jungle lebih aktif ketika selesai menghabisi hutan, lalu rotasi ke arah lane dan membunuh lawan.

Esmeralda telah lama dikeluhkan karena terlalu kuat untuk sidelane. Tak butuh banyak item untuk menebar ancaman, bila diberi ruang, ia adalah mesin pengacau tak terhentikan. Tiga skill maut Esmeralda diberi modifikasi, pertama, Frostmoon Shield dikurangi durasi darah putihnya selagi meningkatkan jumlah absorptionnya. Trik menumpuk shield bisa jadi tak bisa lagi digunakan akibat patch terbaru ini. Kemudian, Stardust Dance akan mengurangi cooldown dari skill 1 alias Frostmoon Shield tergantung jenis target yang diserang. Sementara ultimatenya cuma mendapat pengoptimalan waktu cooldown.

Brody sejak kemunculan dianggap terlalu overpower. Attackspeednya yang lambat di kompensasi dengan burst damage tinggi dan cooldown skill singkat. Oleh karena itu, Moonton mengurangi damage early game dari Abyss Impact dan juga ultimate Torn-Apart Memory.

Chou tak lepas dari sasaran kali patch. Keunikannya menghindari crowd control bakal berkurang sedikit karena efek immune saat mengerahkan Way of Dragon bakal dihapus. Artinya, bisa jadi kalian gagal memfollow up tendangan kalian apabila musuh terlanjut melakukan stun.

Patch 1.5.32 mungkin jadi yang terparah untuk Khufra. Hero yang ditakuti karena kemampuan memblock Flicker ini kehilangan ciri khasnya. Bouncing Ball tak mampu lagi melakukan hal demikian, plus jarak dari inisiasi Tyrant's Revenge diperpendek. Masihkah Khufra jadi tanker prioritas kalau begini?

Helcurt tak kalah apesnya dengan Khufra. Moonton ingin lebih banyak cara melawan Helcurt yang sangat piawai untuk snowball momen bila farmnya tak terganggu. Salah satunya menghilangkan efek silence saat skill 1 Shadow Transition digunakan. Silence hanya terjadi bila ultimatenya ikut diaktifkan. Kedua, jurus maut untuk farm dan membunuhnya Deadly Stinger mendapat pengurangan damage. 

Uranus telah mendapat hujan nerf dalam beberapa update terakhir. Mulai dari cooldown regen ultimatenya yang diperpanjang, bonus efek regen dikurangi dan kini, skill Ionic Edge tak lagi mengurangi physical dan magical attack lawan. Artinya, musuh bakal tetap sakit ketika memukul Uranus dan kemungkinan hero ini keluar meta sangat terbuka.

Itu dia beberapa info update Mobile Legends di patch 1.5.32. Mana hero yang paling parah terkena nerf menurut kalian?