First Warriors

GeForce-Certified iCafe, Komitmen NVIDIA Dukung Industri Kreatif dan eSports

basittt
31/10/2017 09:58 WIB
GeForce-Certified iCafe, Komitmen NVIDIA Dukung Industri Kreatif dan eSports

NVIDIA, pekan lalu menegaskan komitmennya untuk mendukung perkembangan serta pencapaian prestasi eSports melalui program sertifikasi GeForce untuk iCafe di kawasan Asia Pasifik yang berfungsi sebagai arena penunjang olahraga elektronik, termasuk di Indonesia.

"Sebagai penyedia teknologi terdepan di dunia, NVIDIA turut menyambut gembira perkembangan eSports sebagai cabang olahraga digital yang kian ramai dipertandingkan, baik di Indonesia maupun di kejuaraan antar bangsa," tutur Haryono Kartono, Country Business, NVIDIA di Indonesia. "Sebagai motor utama dalam mengoptimalkan performa gaming, NVIDIA terpanggil untuk semakin terlibat dalam mendukung lahirnya arena eSports canggih melalui program sertifikasi GeForce yang diharapkan semakin mampu mengoptimalkan kemampuan, potensi, serta raihan prestasi para pelaku dunia eSports."

Kabar baiknya, hanya dalam waktu dua tahun berselang, program sertifikasi GeForce GTX iCafe telah mampu merengkuh 250 arena eSports di Asia Pasifik yang tersebar mulai dari Indonesia, Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam. Hingga akhir tahun 2018, NVIDIA menargetkan mampu memberikan sertifikasi GeForce kepada 500 iCafe di wilayah-wilayah tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi tumbuhnya arena eSports di Indonesia yang mengandalkan dukungan NVIDIA GeForce GTX GPU yang mencerminkan komitmen mereka dalam menyuguhkan pengalaman gaming prima kepada para pelanggan," tambah Haryono Kartono, yang juga menyampaikan bahwa telah ada sejumlah 40 GeForce Certified iCafe yang tersebar di 30 kota seluruh Indonesia, dan ditargetkan bakal meningkat hingga 50 di akhir tahun 2017.

iCafe yang tersertifikasi akan punya akses ke sejumlah driver GeForce GTX iCafe yang telah dirancang dengan istimewa agar mampu menyuguhkan performa tinggi, hemat daya, serta menawarkan keandalan yang luar biasa. Insentif lain yang akan ditawarkan secara istimewa bagi peserta program ini, diantaranya meliputi peluang untuk berpartisipasi secara eksklusif di Jumpstart, acara peluncuran produk-produk GeForce mutakhir, dimana pemilik iCafe berkesempatan untuk mengulik model-model bisnis yang lebih tinggi lagi di kelasnya.

Pemilik iCafe juga berkesempatan datang ke acara iCafe Discovery Conference di Tiongkok. Di sana akan hadir sejumlah ahli iCafe, systems integratos, serta mitra add-in card yang akan berbagi ide brilian serta model bisnis baru inovatif yang dapat diadopsi masing-masing negara. Peserta juga akan memperoleh kesempatan untuk mengakses area VIP, zona eSports, serta ruang siar. Suguhan-suguhan tersebut diharapkan dapat mendukung diraihnya pendapatan yang makin meningkat bagi masing-masing iCafe.

"Asosiasi eSports Indonesia menyambut baik komitmen NVIDIA dalam mendukung kehadiran GeForce-Certified iCafe di Indonesia. GeForce-Certified iCafe dapat menjadi fasilitas pembinaan para atlet olahraga digital Indonesia dituntut untuk terus mengasah diri agar mampu bersaing dan menjadi yang terbaik di kejuaraan antar bangsa. Kami membutuhkan sebuah ekosistem yang akomodatif untuk mendukung eSports Indonesia dan kami optimis GeForce-Certified iCafe akan menjadi kontributor signifikan didalamnya," ujar Eddy Lim, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia.

Melanjutkan tanggapan mengenai eSports dan iCafe dari kacamata dunia pendidikan, Yohannes P. Siagian selaku Kepala Sekolah PSKD 1 menambahkan, "Sepertinya eSports dengan dunia pendidikan masih agak sulit diterima, karena game sendiri masih dianggap sesuatu yang negatif. Hal yang harus dilakukan adalah mulai mengenalkan sedikit demi sedikit tentang game, eSports, dan iCafe, bukan hanya pada anak, tetapi juga orang tuanya. Karena sebagian besar kendali anak ada di orang tua, mulai dari izin, dukungan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu diselaraskan pandangan orang tua tentang game, eSports, dan iCafe karena secara umum orang tua pasti menganggap ini hanya sebuah usaha bisnis yang ingin meraup keuntungan dari sang anak. Tetapi ada juga sisi positif lain yang ingin dibawa dari perkembangan iCafe dan eSports di sini."

Sukses untuk NVIDIA dan semoga dapat terus berkomitmen mendukung pencapaian eSports di tanah air sehingga menjadi semakin gemilang!