LINE POD - MAVIS

Otoritas Belgia Selidiki Indikasi 'Judi' di Battlefront II dan Overwatch

Rendy Lim
17/11/2017 14:24 WIB
Otoritas Belgia Selidiki Indikasi 'Judi' di Battlefront II dan Overwatch
Google Images

Kabarnya, pihak berwenang di Belgia tengah melakukan investigasi terhadap dugaan adanya fitur in-game, dari Star Wars: Battlefront II dan Overwatch, yang mengandung unsur perjudian. Hal ini dikaitkan dengan sistem lootbox kedua game tersebut yang mengadopsi konsep ‘game of chance', dimana harus memiliki izin dari gaming committee di Belgium terlebih dahulu.

Alasannya, fitur lootbox ini sangat bergantung pada aspek probabilitas, dan developer gamenya sendiri pun tidak menyediakan fitur tambahan yang akan memperlihatkan persentase keberhasilannya, sampai player membukanya. Inilah yang kemudian dianggap tidak mampu memenuhi standar Belgian Gaming Commission

"Jika didapati adanya unsur probabilitas (game of chance - red), maka tidak mungkin tanpa izin dari komite (BGC)," ungkap Peter Naessens, Director Belgian Gaming Commission. Pernyataannya (via PCGamesN) menandaskan perlu adanya klarifikasi mengenai sistem lootbox dari Overwatch ataupun Battlefront II, dan bila gagal terpenuhi maka kedua game tersebut akan dikenai denda sebesar ratusan hingga ribuan Euro. Bahkan kemungkinan terburuk adalah pencabutan izin peredarannya di Belgia.

Tambahnya lagi, menurut Peter, metode 'game of chance' dalam sebuah game menyebabkan orang menjadi adiktif terhadap fitur ini dan mengakibatkan mereka kehilangan uang dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, otoritas Belgia membuat beberapa perlindungan yang telah diimplementasikan untuk melindungi para pemain dari potensi resiko tersebut.

Namun perwakilan dari Entertainment Software Rating Board (ESRB) memiliki pendapat berbeda bahwa sistem lootbox tidak tergolong dalam  perjudian, walaupun mengandung unsur 'game of chance'. Namun para pemain pasti mendapatkan in-game content meski terkadang juga tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal ini juga memiliki prinsip yang sama dengan trading card game. Kadang kita mendapat kartu yang kita sudah cari dari lama, tapi malah seringkali mendapatkan kartu yang sudah dimiliki.

Electronic Arts, selaku publisher dari Star Wars: Battlefront II pun angkat bicara soal masalah ini. Menciptakan pengalaman bermain yang menyenangkan dan adil merupakan hal penting bagi EA. Mekanisme crate (lootbox) bukanlah judi. Kemenangan dalam game tidak bergantung pembelian crate, karena player bisa memperolehnya tanpa perlu mengeluarkan uang.

Sedangkan pihak Blizzard, sejauh ini belum memberikan konfirmasi apa-apa mengenai permasalahan ini. Menurut fans eSports.id, apakah sistem lootbox itu termasuk perjudian?

Update: Otoritas Belgia akhirnya telah mengambil keputusan, dan berdasarkan investigasi yang dilakukan, loot box baik itu yang ada di Star Wars: Battlefront II ataupun Overwatch masuk kategori sebagai perjudian. Badan resmi di Belgia kini melarang semua jenis transaksi untuk kedua game tersebut, dan meminta negara-negara Eropa lainnya untuk melakukan hal yang sama. 

"Menggabungkan game dan perjudian, terutama untuk anak-anak di usia muda, tidak baik bagi perkembangan mental anak-anak," ungkap Koen Geens, Minister of Justice dari Belgia, selengkapnya bisa lihat di sini.